Al Imam Ibnul Qoyyim berkata: “Maka sesungguhnya hamba itu jika memurnikan niatnya untuk Alloh ta’ala, dan maksud dia, keinginan dia dan amalan dia itu adalah untuk wajah Alloh Yang Mahasuci, maka Alloh itu bersama dia, karena sesungguhnya Yang Mahasuci itu beserta orang-orang yang bertaqwa dan orang-orang yang berbuat kebaikan. Dan kepala taqwa dan kebaikan adalah murninya niat untuk Alloh dalam penegakan kebenaran. Dan Alloh Yang Mahasuci itu tiada yang bisa mengalahkan-Nya. Maka barangsiapa Allo bersamanya, maka siapakah yang bisa mengalahkannya atau menimpakan kejelekan padanya? Jika Alloh bersama sang hamba, maka kepada siapakah dia takut? Jika Alloh tidak bersamanya, maka siapakah yang diharapkannya? Dan kepada siapa dia percaya? Dan siapakah yang menolongnya setelah Alloh meninggalkannya? Maka jika sang hamba menegakkan kebenaran terhadap orang lain, dan terhadap dirinya sendiri lebih dulu, dan dia menegakkannya itu adalah dengan menyandarkan pertolongan pada Alloh dan karena Alloh, maka tiada sesuatupun yang bisa menghadapinya. Seandainya langit dan bumi serta gunung-gunung itu membikin tipu daya untuknya, pastilah Alloh akan mencukupi kebutuhannya dan menjadikan untuknya jalan keluar dari masalahnya.” (“I’lamul Muwaqqi’in”/ hal. 412/cet. Darul Kitabil ‘Arobiy).

BIOGRAPHI: Mengenang Syaikhuna Al-Faqih Abu Basyir Al-Hajuriy Rahimahullah

Mengenang syaikh Abdul Basir Al-Hajury rahimahullah
ترجمة شيخنا الفقه ابوا بشير الحجوري رحمه الله
NAMA DAN NASAB BELIAU
Beliau Rohimahulloh adalah Syaikhuna Al-Faqih Abu Basyir Muhammad bin Ali bin Ali bin Yahya Az-Za’kariy Al-Hajuriy Rohimahulloh. Beliau hidup di lingkungan keluarga yang taat, beliau adalah cinta kepada kebaikan dan beliau menjaga sholat lima waktu yang dilaksanakan di masjid.Beliau benci terhadap tempat-tempat yang ada kejelekannya.
Dengan kebaikan dan kecintaan beliau kepada kebaikan ini, Alloh-pun mudahkan dan lapangkan dadanya dalam menerima da’wah Ahlissunnah wal Jama’ah dan beliau istiqomah di atasnya:
فمن يرد الله أن يهديه يشرح صدره للإسلام
“Maka barang siapa yang Alloh inginkan untuk memberikan hidayah kepadanya maka Dia melapangkan dadanya dengan Islam”.
Ketika beliau Rohimahulloh sudah mendapatkan hidayah untuk mengikuti Al-Islam yang dia adalah As-Sunnah maka Alloh Ta’ala menambah kebaikan kepadanya untuk menuntut ilmu di Darul Hadits Dammaj:

من يرد الله به خيرا يفقه في الدين
“Barang siapa yang Alloh inginkan kepadanya kebaikan maka Alloh memberikan kefaqihan kepadanya tentang agama”.
Beliau berangkat menuntut ilmu di sisi Al-Imam Al-Wadi’iy Rohimahulloh di Darul Hadits Dammaj pada tahun 1418 Hijriyyah, beliau terus menuntut ilmu hingga Syaikhnya Al-Imam Al-Wadi’iy Rohimahulloh meninggal dunia pada tahun 1422 Hijriyyah.
Beliau tidak terputus dalam menuntut ilmu, namun ketika Syaikhnya telah meninggal maka beliau terus menuntut ilmu di sisi Kholifah Syaikhnya yaitu Syaikhuna An-Nashihul Amin ‘Afallohu ‘anhu, beliau terus menerus belajar di sisinya hingga beliau Rohimahulloh wafat pada tanggal 19 Muharrom 1431 dengan umur 37 (tiga puluh tujuh) tahun.
WAFATNYA BELIAU
Beliau wafat dengan sebab jihad melawan kaum kafir Rofidhoh, beliau terkenal berakhlaq karimah dan suka menolong saudaranya, ketika harbussadisah (perang ke enam) antara pemerintah Yaman melawan kaum pemberontak kafir Rofidhoh beliau menyibukan diri dengan jihad di Jabal Thullab atau dikenal dengan Jabal Mazro’ah, ketika beliau melihat salah seorang Syaikh Qobilah yang bernama Hadiy Al-Wadi’iy ‘Afallohu ‘anhu terluka di Mazro’ah ketika hendak mendaki puncak Jabal, beliaupun bergegas untuk menolongnya, ketika beliau ingin mengangkatnya, ternyata tembakan dari pihak Rofidhoh mengenai kepala beliau, seketika itu beliau terjatuh langsung meninggal dunia. Pada malam harinya, kami bersama beberapa kawan mendaki Jabal Barroqoh untuk mengantar kebutuhan jaga, dan kami turun dari Jabal Barroqoh dengan mengambil jalan melewati Jabal Thullab, ketika kami turun dari Jabal tersebut dan melewati Mazro’ah A’la kami mendapati darah beliau masih segar lagi sangat banyak.
Pada keesokan harinya beliau di kebumikan di maqbaroh Syuhada’ di perkampungan Alu Masaddir, di Asfal Wadi’ Dammaj.
PUTRA-PUTRA BELIAU
Alloh Ta’ala memberikan karunia kepada beliau dengan empat orang putra, mereka adalah:
1. Basyir, dia adalah putra yang terbesarnya.
2. Abdurrohman.
3. Abdulloh.
4. Hamzah.
KITAB DAN KARANGAN ILMIYYAH BELIAU
Di samping sebagai pengajar di Darul Hadits Dammaj, beliau juga memiliki bakat dalam menulis, diantara tulisan beliau adalah:
1. Shifatu Sholatin Nabi Shollallohu ‘Alaihi wa Sallam, kitab ini telah diterbitkan dan telah tersebar, dan Syaikhuna Abu Muhammad Abdul Hamid Al-Hajuriy ‘Afallohu ‘anhu telah memberikan muqaddimah dengan memberikan ta’dil serta pujian kepada beliau serta dituliskan biografi beliau Rohimahulloh di muqaddimah kitab tersebut, dan Syaikhuna Abu Muhammad Abdul Hamid telah mengajarkan kitab tersebut kepada para penuntut ilmu ketika masih di Darul Hadits Dammaj.
2. Al-Qoulul Hisan fii Fadhoil Ahlil Yaman, kitab ini sudah dicetak dan telah tersebar.
3. Miftahuth Thullab ila ‘Ilmin Nahwi wal I’rob, kitab ini juga sudah diterbitkan dan telah tersebar.
4. Al-‘Awaiq ‘an Tholibil Ilmi.
5. Al-Muharromat minan Nisa’.
6. Al-Amakin Al-Latiy Tubthilu fiiha As-Sholah.
7. Al-Muntaqo’ minal Asy’ar.
8. Nashihatun Lisy-Syaikh Muhammad bin ‘Abdil Wahhab Al-‘Abdaliy Al-Washobiy.
9. Syarhur Rohbiyyah, kitab ini telah diterbitkan dan telah tersebar pula.
10. Syarhu wa Tahqiqir Roid fii ‘Ilmil Faroid, kitab ini telah terbit dan telah tersebar pula.
11. Syarhu ‘Umdatil Fiqhi Libni Qudamah Al-Maqdisiy.
12. Syarhud Duroriy Al-Bahiyah Lisy Syaukaniy.
13. Syarhu Lamiyatisy Syaikhil Islam.
14. Syarhu Lum’atil I’tiqod.
15. Atsarul Ma’ashiy ‘alal Umami wasy Syu’ub.
16. Syarhun fii Tatabbu’is Sayyid Sabiq fii Kitabihi Fiqhissunnah.
Semoga Alloh merohmati kami dan merohmati beliau, dan menjadikan ilmu kami dan ilmu beliau bermanfaat untuk Islam dan kaum muslimin.
Ditulis oleh: Abu Ahmad Muhammad bin Salim Al-Limboriy di Darul Hadits Sana’a pada 15 Dzulqo’dah 1435.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar