Al Imam Ibnul Qoyyim berkata: “Maka sesungguhnya hamba itu jika memurnikan niatnya untuk Alloh ta’ala, dan maksud dia, keinginan dia dan amalan dia itu adalah untuk wajah Alloh Yang Mahasuci, maka Alloh itu bersama dia, karena sesungguhnya Yang Mahasuci itu beserta orang-orang yang bertaqwa dan orang-orang yang berbuat kebaikan. Dan kepala taqwa dan kebaikan adalah murninya niat untuk Alloh dalam penegakan kebenaran. Dan Alloh Yang Mahasuci itu tiada yang bisa mengalahkan-Nya. Maka barangsiapa Allo bersamanya, maka siapakah yang bisa mengalahkannya atau menimpakan kejelekan padanya? Jika Alloh bersama sang hamba, maka kepada siapakah dia takut? Jika Alloh tidak bersamanya, maka siapakah yang diharapkannya? Dan kepada siapa dia percaya? Dan siapakah yang menolongnya setelah Alloh meninggalkannya? Maka jika sang hamba menegakkan kebenaran terhadap orang lain, dan terhadap dirinya sendiri lebih dulu, dan dia menegakkannya itu adalah dengan menyandarkan pertolongan pada Alloh dan karena Alloh, maka tiada sesuatupun yang bisa menghadapinya. Seandainya langit dan bumi serta gunung-gunung itu membikin tipu daya untuknya, pastilah Alloh akan mencukupi kebutuhannya dan menjadikan untuknya jalan keluar dari masalahnya.” (“I’lamul Muwaqqi’in”/ hal. 412/cet. Darul Kitabil ‘Arobiy).

BIOGRAPHI : Mengenang Syaikhuna Abu Hafs Umar Al-‘Iraqiy Rohimahullah

Syaikhua Abu Hafs Al-Iraqi rahimahulloh
ترجمة شيخنا أبي حفص عمر العراقي رحمه الله
Termasuk keutamaan dan karomah yang terbesar bagi seseorang adalah mengikuti dan berpegang teguh kepada As-Sunnah dan meninggal di atasnya. Sungguh telah kita dapatkan dan kita saksikan dari para penuntut ilmu dan para da’i ketika di Dammaj kebaikan-kebaikan yang sangat banyak, diantara mereka adalah Syaikhuna Abu Hafsh Umar Al-Iroqiy Rohimahulloh.
Beliau telah mengumpulkan banyak kebaikan, diantaranya:
1. Menuntut ilmu.
2. Berda’wah sambil menuntut ilmu.
3. Berjihad di jalan Alloh sambil menuntut ilmu dan berda’wah.
Dengan kebaikan yang beliau Rohimahulloh lakukan, banyak pula pujian dari para ulama dan para penuntut ilmu terhadap beliau, diantara mereka berkata:

رحمك الله يا أخانا الحبيب عمر وتقبلك وإخوانك من الشهداء، وأخونا عمر العراقي من طلاب العلم الأقوياء في دماج
“Semoga Alloh merohmatimu wahai saudara kami yang tercinta Umar, semoga Alloh menerimamu dan saudara-saudaramu termasuk dari para syuhada’, dan saudara kami Umar Al-‘Iroqiy termasuk salah satu penuntut ilmu yang kokoh di Dammaj”.
DA’WAH BELIAU KEPADA AQIDAH SHOHIHAH
Beliau Rohimahulloh tidak hanya mencukupkan menuntut ilmu dan mengumpulkan faedah ilmiyyah namun beliau ikut pula menyampaikan dan menda’wahkannya, dengan itu terkumpullah pada beliau kebaikan-kebaikan yang banyak.
Selama menuntut ilmu di Dammaj, beliau telah banyak membuka pelajaran-pelajaran, terkhusus pada bidang Aqidah.
Beliau Rohimahulloh termasuk salah satu pengajar yang paling banyak para penuntut ilmu menghadari pelajaran-pelajarannya, seorang Syaikh yang pernah mengajar di Dammaj berkata:
وقد نلت شرف الدراسة على يديه حين درس التنبيهات السنية على العقيدة الواسطية
“Sungguh aku telah membawa kemuliaan belajar di sisinya, ketika beliau mengajar “At-Tanbihat Assaniyyah ‘ala Al-‘Aqidah Al-Wasithiyyah”.
Merupakan kebiasaan beliau mengajar adalah secara berurutan, beliau mengajar kitab yang kecil hingga ke kitab yang besar.
Setelah beliau mengajar kitab “Al-‘Aqidah Al-Wasithiyyah” beliau melanjutkan dengan mengajar kitab “Al-‘Aqidah Ath-Thohawiyyah”, sebelum beliau meninggal dunia, beliau mengajarkan kitab ini, para penuntut ilmu dengan banyaknya kesibukan berupa jihad melawan Rofidhoh, mereka masih bisa menyempatkan hadir di majelis beliau ketika mengajarkan kitab tersebut.
Beliau Rohimahulloh teranggap pengajar yang bagus, bila beliau membuka pelajaran maka banyak dari para penuntut ilmu yang menghadiri pelajarannya.
SIFAT MERENDAH DAN KELEMBUTAN BELIAU
Beliau dikenal sebagai orang yang memiliki sifat terpuji, beliau menghiasi dirinya dengan akhlaq yang mulia, para masyayikh dan para penuntut ilmu banyak memuji beliau, diantara mereka berkata tentang beliau:
وكان رحمه الله غاية من التواضع وحسن الخلق
“Dan beliau Rohimahulloh adalah pada puncaknya dari sifat merendah dan baik akhlaq”.
Bila ada dari para penuntut ilmu mendapatkan permasalahan dalam masalah aqidah maka mereka mendatangi beliau, meminta keterangan dari beliau, dan tidaklah mereka pergi dari sisi beliau melainkan setelah mendapatkan penjelasan dari beliau.
Ketika Syaikhuna Al-Hajuriy ‘Afallohu ‘anhu membaca satu hadits pada kajian “Shohih Muslim” dan hadits tersebut membutuhkan keterangan yang lebih terperinci maka Syaikhuna Abu Hafsh Rohimahulloh membahas dan membuat satu penjelasan khusus tentang hadits tersebut, besoknya beliau maju ke samping Syaikhuna Al-Hajuriy ‘Afallohu ‘anhuma lalu membacakan pembahasannya, dan pembahasan tersebut kemudian diterbitkan menjadi satu kitab, semoga Alloh memberkahi ilmu kami dan ilmu beliau dan menjadikannya bermanfaat.
PERHATIAN BELIAU TERHADAP WAKTU
Tidaklah kami mendapati beliau melainkan beliau di masjid menghadiri majelis para masyayikh, atau beliau mengajar atau beliau membaca Al-Qur’an atau membaca kitab-kitab ilmiyyah.
Beliau Rohimahulloh juga sering di perpustakaan umum, para masyayikh dan para penuntut ilmu mengakui bahwa beliau sangat perhatian dengan waktu, diantara mereka berkata:
وكان يحافظ على وقته، فتراه في المكتبة يقرأ ويؤلف
“Dan beliau menjaga terhadap waktunya, kamu melihat beliau di perpustakaan membaca dan menulis”.
KERJA SAMA BELIAU
Beliau Rohimahulloh dikenal memiliki semangat dalam perkara ta’awun (kerja sama) di atas kebaikan, baik dalam masalah menuntut ilmu maupun masalah mengajar, serta pada masalah mengatur tata tertib pelajaran-pelajaran khusus di Darul Hadits Dammaj, salah seorang syaikh berkata tentang beliau:
وكان ينوب الأخ الجحدري مسؤول الدروس في غيابه .
“Dan beliau mengganti Al-Akh Al-Jahdariy pada penanggung jawab pelajaran-pelajaran bila Al-Jahdariy tidak ada (di Dammaj)”.
PERHATIAN BELIAU KEPADA PARA PENUNTUT ILMU
Beliau Rohimahulloh bila mengajar, seringkali menyisipkan nasehat dan motivasi kepada para penuntut ilmu, yang tujuannya untuk menyemangati mereka, salah seorang syaikh ketika mendengar bahwa beliau telah meninggal karena terkena tembakan mortir Rofidhoh, diapun berkata:
إنا لله وإنا إليه راجعون، رحمك الله يا أبا حفص 
وأنا ممن درست على يديه شيئاً من شرح الواسطية للنجدي
“Sesungguhnya kita adalah milik Alloh, dan sesungguhnya kita akan kembali kepada-Nya, semoga Alloh merohmatimu wahai Abu Hafsh, sesungguhnya aku termasuk dari orang-orang yang belajar di sisimu tentang sesuatu dari “Syarhu Al-Wasithiyyah Linnajdiy”.
Salah seorang syaikh yang ikut belajar kepada beliau berkata:
وكان يشجعني ويقول: لو تلقي دروساً تفيد إخوانك وأنا أقول : أتيت لأدرُس لا لأدرِّس
“Dan dahulu beliau menyemangatiku, beliau berkata: Kalau kamu menyampaikan pelajaran, kamu memberikan faedah kepada saudara-saudaramu maka aku katakan: “Aku datang untuk belajar, bukan untuk mengajar”.
Demikianlah keadaannya, beliau memiliki sifat tawadhu’ dan senang mengambil faedah dari selainnya.
Bila ada salah seorang dari masyayikh membuka pelajaran, bila beliau memiliki kelonggaran waktu maka beliau mengikuti pelajarannya, suatu saat kami duduk mengikuti pelajaran salah seorang syaikh, tiba-tiba datang beliau Rohimahulloh duduk di samping kami, mengikuti pelajaran.
Orang yang memiliki wawasan akan memahami hal ini, mereka mengakui bahwa inilah sifat tawadhu’ yang terpuji, adapun sebagian orang yang memiliki sifat congkak dan sombong ketika melihat orang seperti beliau ini, merekapun mencelanya atau merendahkannya sambil berkata: “Dia belum selesai pelajarannya”, atau perkataan kibr lainnya: “Dia itu teman belajarku, kami sama-sama belajar ke syaikh fulan”. Allohumma sallim, sallim.
Keadaan beliau Rohimahulloh yang tawadhu’ seperti itu, tidaklah menjatuhkan kewibawaan beliau, bahkan justru bertambah baik dan harum penyebutan nama beliau Rohimahulloh di hadapan manusia, salah seorang syaikh berkata tentang beliau:
وهكذا كان دائم التشجيع لي وقد استفدت منه كثيرا
“Dan demikian pula beliau selalu menyemangatiku dan sungguh aku telah mengambil faedah yang banyak dari beliau”.
Demikianlah keadaan beliau, terkadang menghadiri majelis salah seorang syaikh, beliau pulang ke rumahnya dengan membawa dua kebaikan berupa mengambil ilmu dari seorang syaikh dan sekaligus memberi faedah kepada syaikh tersebut.
AHLAQ DAN ADAB BELIAU
Beliau terkenal memiliki adab dan akhlaq yang mulia, dari wajahnya terlihat ceria dan membawa senyum yang indah, mudah diajak bicara dan menerima siapa saja yang ingin bertanya kepada beliau.
Salah seorang syaikh berkata tentang beliau:
ًفقد كان من العلم والأدب على جانب عظيم فرحمه الله وتقبله شهيداً وجمعنا به في جنات النعيم
“Maka sungguh keberadaan beliau dari ilmu dan adab  atas sisi yang agung, semoga Alloh merohmati beliau, dan menerimanya sebagai seorang yang mati syahid, semoga Alloh mengumpulkan kami dan beliau di Jannah-Nya yang penuh keni’matan”.
KEMATIAN BELIAU SEAKAN-SEAKAN MENGONCANG DUNIA
Beliau terkenal pula suka beramal sholih dan suka membantu, pada pengepungan pertama yang dilakukan oleh kaum kafir Rofidhoh terhadap kaum muslimin Dammaj pada tahun 1433, beliau dalam keadaan puasa sunnah pada hari Kamis, sore hari beliau menyiapkan makanan, untuk beliau bawa ke para penjaga di Jabal Barroqoh, beliau membawa sendiri makanan tersebut pada malam hari dari hari tersebut, sesampainya beliau di Jabal Barroqoh beliau terbunuh, dan beritanya langsung tersebar ke seluruh penjuru dunia, pasukan pembawa korban dari kawan-kawan asal Soumalia bergegas mendaki Jabal Barroqoh dan berhasil pada malam itu membawa turun beliau ke markiz Dammaj, doa-doa dari berbagai penjuru untuk beliau kita dengarkan dan kita saksikan, salah seorang syaikh berkata:
قتل اليوم في دماج الشيخ الحافظ أبو حفص عمر العراقي أحد القراء في دار الحديث بدماج أصيب بقذيفة هاون حوثية
“Telah meninggal pada hari ini seorang Asy-Syaikh Al-Hafizh Abu Hafsh Umar Al-‘Iroqiy salah seorang qori’ (pembaca dan penghafal Al-Qur’an) di Darul Hadits Dammaj terkena percikan mortir Hutsiy (Rofidhoh)”.
Setelah beliau meninggal dunia, beliau dikebumikan di pemakaman syudaha’ lama di pemukiman ‘Uzzab.
KEAJAIBAN DAN KAROMAH TERHADAP JENAZAH BELIAU
Setelah setahun setengah kemudian, turunlah hujan di Dammaj, dengan hujan tersebut beberapa kuburan di pemakan syuhada’ roboh, dengan itu Syaikhuna Al-Hajuriy ‘Afallohu ‘anhu memerintahkan untuk dipindahkan para jenazah dari pemakaman syuhada’ lama ke pemakaman syuhada baru.
Pada pemindahan tersebut didapatilah jenazah Syaikhuna Abu Hafsh Umar Al-‘Iroqiy Rohimahulloh dalam keadaan masih utuh, salah seorang syaikh yang menyaksikan jenazahnya berkata:
وأما الحافظ أبو حفص عمر العراقي فاللحم في وجهه وعلى وجنتيه، لم يتآكل إلا اليسير من أرنبة أنفه، ولحيته الكثة تملأ صدره.
“Dan adapun Al-Hafizh Abu Hafsh Umar Al-‘Iroqiy maka daging pada wajahnya dan dua pipinya tidak dimakan (oleh tanah) kecuali sedikit dari ujung hidungnya, dan jenggotnya yang lebat memenuhi dadanya”.
Ketika sudah tersebar tentang keadaan beliau seperti itu, maka mantan istri beliau berkeinginan untuk melihatnya, namun apa boleh buat, tidak boleh lagi baginya untuk melihat Syaikhuna Rohimahulloh, karena beliau tidak teranggap lagi sebagai mahrom bagi mantan istrinya tersebut, karena ia telah menikah dengan pria lain dari salah seorang kawan kami.
Semoga Alloh Ta’ala menjadikan kami dan beliau termasuk dari para syuhada’.
Ditulis oleh: Abu Ahmad Muhammad bin Salim Al-Limboriy ‘Afallohu ‘anhu (17 Dzulqo’dah 1435).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar