Al Imam Ibnul Qoyyim berkata: “Maka sesungguhnya hamba itu jika memurnikan niatnya untuk Alloh ta’ala, dan maksud dia, keinginan dia dan amalan dia itu adalah untuk wajah Alloh Yang Mahasuci, maka Alloh itu bersama dia, karena sesungguhnya Yang Mahasuci itu beserta orang-orang yang bertaqwa dan orang-orang yang berbuat kebaikan. Dan kepala taqwa dan kebaikan adalah murninya niat untuk Alloh dalam penegakan kebenaran. Dan Alloh Yang Mahasuci itu tiada yang bisa mengalahkan-Nya. Maka barangsiapa Allo bersamanya, maka siapakah yang bisa mengalahkannya atau menimpakan kejelekan padanya? Jika Alloh bersama sang hamba, maka kepada siapakah dia takut? Jika Alloh tidak bersamanya, maka siapakah yang diharapkannya? Dan kepada siapa dia percaya? Dan siapakah yang menolongnya setelah Alloh meninggalkannya? Maka jika sang hamba menegakkan kebenaran terhadap orang lain, dan terhadap dirinya sendiri lebih dulu, dan dia menegakkannya itu adalah dengan menyandarkan pertolongan pada Alloh dan karena Alloh, maka tiada sesuatupun yang bisa menghadapinya. Seandainya langit dan bumi serta gunung-gunung itu membikin tipu daya untuknya, pastilah Alloh akan mencukupi kebutuhannya dan menjadikan untuknya jalan keluar dari masalahnya.” (“I’lamul Muwaqqi’in”/ hal. 412/cet. Darul Kitabil ‘Arobiy).

BIOGRAPHI: Mengenang Syaikhuna Abu Abdir Razzaq Riyadh Ar-Rodfaniy Rahimahullah

Biografi Abu 'Abdir Razzaq Riyadh Ar-Rodfaniy Rohimahulloh
ترجمة شيخنا أبي عبد الرزاق رياض الردفاني رحمه الله
NAMA DAN NASAB BELIAU
Beliau adalah Syaikhuna Abu ‘Abdirrozzaq Riyadh bin Muhammad bin ‘Ali Ad-Da’iriy Ar-Rodfaniy Rohimahulloh.
Beliau tinggal di kampung Sholahuddin As-Sahiliyyah, di propinsi ‘Adn.
BERANGKAT MENUNTUT ILMU
Beliau Rohimahulloh berangkat ke Darul Hadits Dammaj untuk menuntut ilmu agama pada bulan Syawwal tahun 1422, dan beliau ketika sampai di Dammaj, tidak lagi bertemu dengan Al-Imam Al-Wadi’iy Rohimahulloh, beliau berkata:
فأشكر العلامة الوادعي رحمه الله وإن كنت لم ألقه الذي كان سببا في تأسيس هذه الدار المباركة
“Maka aku bersyukur kepada Al-‘Allamah Al-Wadi’iy Rohimahulloh, walaupun aku tidak bertemu dengan beliau, yang mana beliau adalah sebab dalam mendirikan Dar (pondok pesantren) yang diberkahi ini”.

Setelah sampai di Darul Hadits Dammaj, beliau berijtihad (bersungguh-sungguh) dalam menuntut ilmu, bersabar dan mengharap pahala dalam menuntut ilmu.
Syaikhuna Abu Abdirrohman Fath Al-Qodasiy ‘Afallohu ‘anhu ketika mengajar kitab “Fathul Wadud” beliau membaca ucapan syukur beliau kepada Syaikhu na Abu ‘Abdirrozzaq Rohimahulloh, kemudian beliau menjelaskan bahwa Syaikhuna Abu ‘Abdirrozzaq Rohimahulloh mengikuti pelajaran beliau dengan membaca “Al-Madkhol fii ‘Ilmi Ashshorf” dan “Fathul Wadud” itu pada kali yang kedua, pertama kali beliau membuka pelajaran tersebut, Syaikhuna Abu ‘Abdirrozzaq Rohimahulloh belum sempat mengikutinya, ketika beliau membuka pelajaran tersebut yang kedua kalinya, Syaikhuna Abu Abdirrozzaq Rohimahulloh baru bisa mengikutinya.
Dalam mengikuti pelajaran tersebut beliau aktif dan banyak memberi faedah, hingga Syaikhuna Abu Abdirrohman ‘Afallohu ‘anhu berterima kasih kepada beliau, dan menyebutkan nama beliau pada lembaran terima kasih.
Syaikhuna Abu ‘Abdirrozzaq Rohimahulloh tidak hanya mencukupkan dengan pelajaran Syaikhnya Abu Abdirrohman Fath Al-Qodasiy yang dihadiri oleh ratusan thullab, namun beliau bersama seorang kawannya Ustadzuna Muhammad Al-‘Azaziy ‘Afallohu ‘anhu meminta kepada Syaikhuna Abu Abdirrohman Fath Al-Qodasiy ‘Afallohu ‘anhum untuk dibukakan pelajaran lebih khusus untuk mereka berdua, dan Syaikhuna Abu Abdirrohman ‘Afallohu ‘anhu memenuhi permintaan keduanya, pelajaran untuk keduanya berlanjut terus menerus pada malam hari setelah sholat Isya’ di depan perpustakaan umum Darul Hadits Dammaj.
MENUNTUT ILMU SAMBIL BERDA’WAH
Termasuk dari keutamaan yang terbesar bagi seseorang adalah mendapatkan taufiq dari Alloh Ta’ala untuk terus menerus menuntut ilmu di sisi para ulama sambil berda’wah di jalan Alloh Ta’ala, bila seseorang mampu menjalankan dua perkara mulia ini maka sungguh dia telah mendapatkan tambahan iman dan ilmu, dengan itu derajatnya semakin meningkat:
يرفع الله الذين آمنوا منكم والذين أوتوا العلم درجات
“Alloh akan mengangkat orang-orang yang beriman dan orang-orang yang diberi ilmu beberapa derajat”.
Bila pelajaran beliau diumumkan maka para penuntut ilmu yang hadir sangat banyak, ketika kami sudah setahun di Dammaj, ketika itu beliau membuka pelajaran dengan membaca “Syarhu Mutammimati Al-Ajrumiyyah” dan “Fathul Wadud”, yang hadir pada pelajarannya ini sangat banyak, sampai masjid Wadi’ Dammaj tidak bisa menampung para penuntut ilmu, hingga kemudian di pindahkan ke masjid Hadhn di Mazro’ah Dammaj, ketika pelajaran sudah hampir selesai (hanya tinggal beberapa pembahasan saja) beliau diminta untuk keluar da’wah di salah satu propinsi Yaman, maka beliau meminta kawannya Ustadzuna Muhammad Al-Azaziy ‘Afallohu ‘anhu untuk melanjutkan pelajaran yang beliau ajarkan, karena beliau keluar da’wah sekitar tiga bulan baru bisa kembali.
KESUNGGUHAN BELIAU DALAM BERJIHAD DI JALAN ALLOH MELAWAN KAUM KAFIR ROFIDHOH
Ketika beliau masih di tempat da’wahnya, terjadi perang di Dammaj antara pemerintah Yaman bersama kaum muslimin melawan pemberontak kafir Rofidhoh, beliau ingin segera kembali ke Dammaj sehingga bisa ikut jihad.
Setelah selesai da’wah beliau kembali ke Dammaj dan langsung ikut jihad, ketika itu beliau menjadi penanggung jawab jaga di Wadi Dammaj, bawahan-bawahan beliau adalah orang-orang Indonesia.
Pada suatu hari beliau ingin maju ke tempat jaga dekat Wathon, pada hari Kamis-waktu Dhuha (13/2/1431) beliau ke pemukiman Zawaid dekat Wathon dan beliau masuk ke salah satu rumah warga untuk mengintai Rofidhoh, seketika itu beliau didahului tembakan penyeneper Rofidhoh, tembakan mengenai kepala beliau dan beliau langsung meninggal dunia.
Jenazah beliau dikebumikan di pemakaman Syuhada’ Wadi’ Asfal Masaddir Dammaj, semoga Alloh Ta’ala merohmati kami dan beliau.
ANAK KETURUNAN BELIAU
Beliau Rohimahulloh dikaruniai oleh Alloh Ta’ala dengan seorang putri.
Beliau penyayang terhadap putrinya, bila beliau menggendong putrinya yang masih kecil (yang sudah bisa bicara walaupun sekata dua kata) maka beliau selalu berdoa kepada Alloh Ta’ala untuk merezqikannya mati syahid, putrinya yang masih kecil tadi selalu meng-amin-kan doa beliau.
Semoga Alloh Ta’ala menjadikan kami dan beliau sebagai para syuhada’.
KITAB DAN TULISAN ILMIYYAH BELIAU
Beliau di tengah-tengah kesibukannya menuntut ilmu dan berda’wah, beliau tidak mau ketinggalan menyisihkan waktunya untuk menulis dan berkarya, diantara kitab dan karya beliau adalah:
1. Al-Badrut Tamam Litaudhihi Ahkamil Hijroh Wafadhlil Islam, kitab ini telah diterbitkan dan telah tersebar.
2. Nazhmu Subulis Salam, berupa 200 (dua ratus) bait sya’ir.
3. Tuhfatul Qoriy Binazhmi Qowa’idi Rijalil Bukhoriy.
4. Tahqiq wa Dhobthil Manzhumatil Baiquniyyah.
5. Majmu’atil Buhutsi Walmanzhumah.
Pada karya beliau yang terakhir ini telah dikumpulkan dan disusun rapi oleh Syaikhnya Abu ‘Abdirrohman Fath Al-Qodasiy Jazahumullohu khoiro, dan beliau berkata kepada kami bahwa tulisa-tulisan itu, telah beliau ajukan ke salah satu penerbit kitab di Mesir.
Beliau telah menulis pula sebuah kutaib khusus tentang biografi Syaikhuna Abu Abdirrozzaq Riyadh Ar-Rodfaniy -semoga Alloh merohmati kami dan mereka semuanya-.
Ditulis oleh: Abu Ahmad Muhammad bin Salim Al-Limboriy ‘Afallohu ‘anhu (15 Dzulqo’dah 1435).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar