Al Imam Ibnul Qoyyim berkata: “Maka sesungguhnya hamba itu jika memurnikan niatnya untuk Alloh ta’ala, dan maksud dia, keinginan dia dan amalan dia itu adalah untuk wajah Alloh Yang Mahasuci, maka Alloh itu bersama dia, karena sesungguhnya Yang Mahasuci itu beserta orang-orang yang bertaqwa dan orang-orang yang berbuat kebaikan. Dan kepala taqwa dan kebaikan adalah murninya niat untuk Alloh dalam penegakan kebenaran. Dan Alloh Yang Mahasuci itu tiada yang bisa mengalahkan-Nya. Maka barangsiapa Allo bersamanya, maka siapakah yang bisa mengalahkannya atau menimpakan kejelekan padanya? Jika Alloh bersama sang hamba, maka kepada siapakah dia takut? Jika Alloh tidak bersamanya, maka siapakah yang diharapkannya? Dan kepada siapa dia percaya? Dan siapakah yang menolongnya setelah Alloh meninggalkannya? Maka jika sang hamba menegakkan kebenaran terhadap orang lain, dan terhadap dirinya sendiri lebih dulu, dan dia menegakkannya itu adalah dengan menyandarkan pertolongan pada Alloh dan karena Alloh, maka tiada sesuatupun yang bisa menghadapinya. Seandainya langit dan bumi serta gunung-gunung itu membikin tipu daya untuknya, pastilah Alloh akan mencukupi kebutuhannya dan menjadikan untuknya jalan keluar dari masalahnya.” (“I’lamul Muwaqqi’in”/ hal. 412/cet. Darul Kitabil ‘Arobiy).

Yang Memiliki Sifat Terpuji Maka Derajatnya Akan Meninggi

YANG MEMILIKI SIFAT TERPUJI MAKA DERAJATNYA AKAN MENINGGI
Bismillaahirrohmaanirrohiim. Innalhamda Lillaah, Nahmaduhu Wanasta'inuhu Wanastaghfiruh. Ammaa Ba'd:
Sesungguhnya ini adalah tulisan yang sangat ringkas, kutulis untuk mengenang kawanku seperjuangan, Muhammad Rofi'i adalah kawanku seperjuangan, nama "Muhammad Rofi'i" memiliki ma'na dan banyak kandungan. Rosululloh yang terakhir dinamai dengan Muhammad Shollallohu 'Alaihi wa Sallam karena banyak memuji dan menyanjung Alloh, dan beliau dinamai dengan nama itu karena memiliki sifat terpuji di tengah-tengah kaum Quroisy, beliau diakui oleh kawan dan lawan tentang akhlaqnya yang terpuji, oleh karena itu beliau juga digelari dengan "al-amin" (yang terpercaya).
Adapun penamaan pada awal nama Rofi'i dengan nama Muhammad maka sungguh telah kita dapati pada diri beliau sifat-sifat terpuji, guru beliau Asy-Syaikh Abu Muhammad Abdul Hamid Al-Hajuriy ketika mendengar bahwa beliau terbunuh maka beliau orang yang pertama-tama memuji dan menyebut kebagusan akhlaq beliau, tidaklah kami menjumpai kawan-kawan kami yang mengenal beliau melainkan mereka memujinya dan menyebut-nyebut kebaikannya, di zaman Nabi ketika ada jenazah orang sholih lewat maka orang-orang yang beriman memuji-mujinya sesuai keadaan yang sebenarnya maka Nabi Shollallohu 'Alaihi wa Sallam berkata: "Wajabat" ya'ni mengharuskannya dengan sebab pujian sesuai keadaan sebenarnya itu akan memasukannya ke dalam surga. Sungguh bila kami mengumpulkan pujian para thullab dan kawan-kawan tentang beliau maka tentu lembaran-lembaran ringkas ini tidak mampu memuatnya, mengingat keterbatasan lembaran maka kami lanjutkan dengan uraian ma'na nama beliau "Rofi'i", kata ini bila diuraikan ma'na bebasnya maka dia adalah "yang terangkat" ya'ni meninggi, dan amalan beliau telah membuktikan atas ketinggian derajat beliau. Orang yang berjihad dengan jiwa atau dengan hartanya maka derajatnya akan terangkat tinggi, Alloh Ta'ala berkata: "Tidaklah sama diantara kalian orang yang menginfaqkan (hartanya) sebelum pembebasan kota Makkah dan yang berjihad (sebelum itu), mereka itu lebih agung derajatnya". Pada ayat ini adanya penetapan ketinggian derajat, para Shohabat yang pertama-tama masuk Islam derajat mereka paling tinggi dan amalan pahala jihad mereka berlipat ganda. Dan kita meyakini bahwa siapa saja yang memeluk agama Islam lalu beramal sholih maka pasti derajatnya terangkat, Alloh Ta'ala berkata: "Alloh akan mengangkat orang-orang yang beriman dari kalian dan orang-orang yang diberi ilmu beberapa derajat". Muhammad Rofi'i telah membuktikan keimanannya dengan menuntut ilmu agama lalu berjihad di jalan Alloh maka tentu derajatnya akan terangkat.
Ditulis oleh: Abu Ahmad Muhammad bin Salim Al-Limboriy.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar