Al Imam Ibnul Qoyyim berkata: “Maka sesungguhnya hamba itu jika memurnikan niatnya untuk Alloh ta’ala, dan maksud dia, keinginan dia dan amalan dia itu adalah untuk wajah Alloh Yang Mahasuci, maka Alloh itu bersama dia, karena sesungguhnya Yang Mahasuci itu beserta orang-orang yang bertaqwa dan orang-orang yang berbuat kebaikan. Dan kepala taqwa dan kebaikan adalah murninya niat untuk Alloh dalam penegakan kebenaran. Dan Alloh Yang Mahasuci itu tiada yang bisa mengalahkan-Nya. Maka barangsiapa Allo bersamanya, maka siapakah yang bisa mengalahkannya atau menimpakan kejelekan padanya? Jika Alloh bersama sang hamba, maka kepada siapakah dia takut? Jika Alloh tidak bersamanya, maka siapakah yang diharapkannya? Dan kepada siapa dia percaya? Dan siapakah yang menolongnya setelah Alloh meninggalkannya? Maka jika sang hamba menegakkan kebenaran terhadap orang lain, dan terhadap dirinya sendiri lebih dulu, dan dia menegakkannya itu adalah dengan menyandarkan pertolongan pada Alloh dan karena Alloh, maka tiada sesuatupun yang bisa menghadapinya. Seandainya langit dan bumi serta gunung-gunung itu membikin tipu daya untuknya, pastilah Alloh akan mencukupi kebutuhannya dan menjadikan untuknya jalan keluar dari masalahnya.” (“I’lamul Muwaqqi’in”/ hal. 412/cet. Darul Kitabil ‘Arobiy).

Hukum Jualan Kertas Buku

حكم بيع الدفاتر لمن يتخذها كتب الضلالة

قال الأخ: لقد سمعنا قول بعض الناس في فتواكم أنكم تقولون على جواز بيع كل شيء يعلم من صاحبه أنه يستخدمه في المعصية أو في البدعة، ما هو الصحيح من قولكم بارك الله فيكم؟.

قال أبو أحمد محمد بن سليم اللمبوري الأندونيسي عفا الله عنه:

والصحيح من قولنا في هذه المسألة أن المعاملة قد تكون أساسها حلالا، لكنها تؤدي إلى محرم كمن يبيع الدفاتر لمن يتخذها كتب الضلالة، وكذلك لا يجوز بيع تلك الكتب، قال النووي رحمه الله: "لا يجوز بيع كتب الكفر، لأنه ليس فيها منفعة مباحة، بل يجب إتلاها، وكذلك كتب التنجيم والشعوذة والفلسفة وغيرها من العلوم الباطلة المحرمة، فبيعها باطل، لأنه ليس فيه منفعة مباحة". اهـ.

وكذلك لا يجوز بيع كل شيء يعلم من صاحبه أنه يستخدمه في المنكرة والسيئة، لقول الله تعالى: {وَلَا تَعَاوَنُوا عَلَى الْإِثْمِ وَالْعُدْوَانِ}. قال ابن العثيمين رحمه الله: "كل ما أدى إلى الحرام وأعان عليه فهو حرام، وعلى هذا فلا يجوز معاونة من يستعين بالمباح في فعل المحرم". اهـ.


وأما فعل النبي صلى الله عليه وسلم أنه رهن درعه عند يهودي بالمدينة، فأخذ لأهله منه شعيرا،فهذا اليهودى الذى رهنه النبى صلى الله عليه وسلم درعه من أهل الذمة، ولم يكن حربيًا، وممن لا تخشى منه مكيدة أهل الإسلام، وأما أهل الحرب فلا يجوز أن يباع منهم السلاح، ولا كل ما يتقوون به على أهل الإسلام. فنبين هذه المسألة إن شاء الله في سلسلة تفاسيرنا السلفية.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar