Al Imam Ibnul Qoyyim berkata: “Maka sesungguhnya hamba itu jika memurnikan niatnya untuk Alloh ta’ala, dan maksud dia, keinginan dia dan amalan dia itu adalah untuk wajah Alloh Yang Mahasuci, maka Alloh itu bersama dia, karena sesungguhnya Yang Mahasuci itu beserta orang-orang yang bertaqwa dan orang-orang yang berbuat kebaikan. Dan kepala taqwa dan kebaikan adalah murninya niat untuk Alloh dalam penegakan kebenaran. Dan Alloh Yang Mahasuci itu tiada yang bisa mengalahkan-Nya. Maka barangsiapa Allo bersamanya, maka siapakah yang bisa mengalahkannya atau menimpakan kejelekan padanya? Jika Alloh bersama sang hamba, maka kepada siapakah dia takut? Jika Alloh tidak bersamanya, maka siapakah yang diharapkannya? Dan kepada siapa dia percaya? Dan siapakah yang menolongnya setelah Alloh meninggalkannya? Maka jika sang hamba menegakkan kebenaran terhadap orang lain, dan terhadap dirinya sendiri lebih dulu, dan dia menegakkannya itu adalah dengan menyandarkan pertolongan pada Alloh dan karena Alloh, maka tiada sesuatupun yang bisa menghadapinya. Seandainya langit dan bumi serta gunung-gunung itu membikin tipu daya untuknya, pastilah Alloh akan mencukupi kebutuhannya dan menjadikan untuknya jalan keluar dari masalahnya.” (“I’lamul Muwaqqi’in”/ hal. 412/cet. Darul Kitabil ‘Arobiy).

Darul Hadits Shan'a Darul Hadits Dammaj

Darul Hadits Shan'a
Tanya: Apa perbedaan Markiz Darul Hadits di Shan’a dengan markiz di Dammaj yang dulu?.
Jawab: Markiz Dammaj yang di asuh oleh Al-Imam Al-Wadi’iy dan Syaikhuna Yahya‘Afallohu ‘anhuma dahulu memiliki keunggulan yang tidak didapati pada markiz lainnya, diantara keunggulannya:
1. Tidak adanya ma’siat yang tampak terang-terangan, tidak didapati para wanita melainkan semuanya memakai cadar, tidak didapati para pria memakai bantalon melainkan mereka memakai jubah dan pakaian yang islamiy, tidak didapati kaum muslimin memakan qott terang-terangan di sekitar markiz Dammaj.

2. Markiz ma’mur dengan durus (pelajaran-pelajaran), dalam sehari terkadang terdapat durus kurang lebih lima puluh durus, ini mencakup berbagai bidang ilmu syar’iy.
Adapun keunggulan Markiz Daril Hadits di Shan’a sekarang ini adalah banyak diantaranya:
1. Adanya tamayyuz (terpisahkan) antara Salafiyyin dengan Hizbiyyin.
2. Orang-orang awam dengan mudah mendapatkan siraman rohani dari para ulama secara langsung, dan banyak dari mereka mendapatkan hidayah.
3. Bisa mendapatkan banyak faidah dari banyak ulama, misalnya seorang penuntut ilmu jenuh di suatu markiz maka dia bisa pindah ke markiz lain, apalagi di Sa’wan sudah ada bis khusus pulang pergi setiap hari dari markiz As-Sunnah Sa’wan ke Darul Hadits di Fath Baihan.
4. Setiap markiz di Shan’a diramaikan dengan durus, terkhusus di Darul Hadits di Fath Baihan banyak para masyayikh di sana, begitu pula di markiz As-Sunnah ma’mur dengan ilmu.
Dan masih banyak lagi kebaikan-kebaikan yang lainnya:
وما بكم من نعمة فمن الله
“Dan apa saja yang ada pada kalian dari suatu keni’matan maka itu datangnya dari Alloh”.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar