Al Imam Ibnul Qoyyim berkata: “Maka sesungguhnya hamba itu jika memurnikan niatnya untuk Alloh ta’ala, dan maksud dia, keinginan dia dan amalan dia itu adalah untuk wajah Alloh Yang Mahasuci, maka Alloh itu bersama dia, karena sesungguhnya Yang Mahasuci itu beserta orang-orang yang bertaqwa dan orang-orang yang berbuat kebaikan. Dan kepala taqwa dan kebaikan adalah murninya niat untuk Alloh dalam penegakan kebenaran. Dan Alloh Yang Mahasuci itu tiada yang bisa mengalahkan-Nya. Maka barangsiapa Allo bersamanya, maka siapakah yang bisa mengalahkannya atau menimpakan kejelekan padanya? Jika Alloh bersama sang hamba, maka kepada siapakah dia takut? Jika Alloh tidak bersamanya, maka siapakah yang diharapkannya? Dan kepada siapa dia percaya? Dan siapakah yang menolongnya setelah Alloh meninggalkannya? Maka jika sang hamba menegakkan kebenaran terhadap orang lain, dan terhadap dirinya sendiri lebih dulu, dan dia menegakkannya itu adalah dengan menyandarkan pertolongan pada Alloh dan karena Alloh, maka tiada sesuatupun yang bisa menghadapinya. Seandainya langit dan bumi serta gunung-gunung itu membikin tipu daya untuknya, pastilah Alloh akan mencukupi kebutuhannya dan menjadikan untuknya jalan keluar dari masalahnya.” (“I’lamul Muwaqqi’in”/ hal. 412/cet. Darul Kitabil ‘Arobiy).

WAHAI SAUDARIKU CUKUPLAH BAGIMU WANITA-WANITANYA ALAM SEMESTA


يا أختي
حسبكِ من نساء العالمين

WAHAI SAUDARIKU

CUKUPLAH BAGIMU WANITA-WANITANYA ALAM SEMESTA

تأليف:
أبي أحمد محمد بن سليم الأندونيسي
Penulis:
Abu Ahmad Muhammad bin Salim Al-Andunisy
Penerjemah:
Miya Limboro
المقدمة
PENDAHULUAN
بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ
Dengan nama Alloh yang (الرَّحْمَنِ) “Maha Pengasih” lagi (الرَّحِيمِ) “Maha Penyayang”.
الحمد لله رب العالمين والعاقبة للمتقين ولا عدوان إلا على الظالمين. وأشهد أن لا إله إلا الله وحده لا شريك له ولا إله سواه، وأشهد أن محمداً عبده ورسوله الذي اصطفاه واجتباه وهداه، صلى الله عليه وعلى آله وسلم تسليماً كثيراً إلى يوم الدين. أما بعد:
Segala puji bagi Alloh Robb semesta alam, dan akibat (yang baik) bagi orang-orang yang bertaqwa, dan tidaklah ada permusuhan melainkan hanya kepada orang-orang yang zholim.
Dan aku bersaksi bahwa tidak ada sesembahan yang berhak disembah melainkan Alloh saja, tidak ada sekutu bagi-Nya dan tidak ada sesembahan selain-Nya.
Dan aku bersaksi bahwa Muhammad adalah hamba dan utusan-Nya yang mengunggulkannya, memilihnya dan menunjukinya, Alloh bersholawat kepadanya dan kepada keluarganya dengan sebenar-benar sholawat yang banyak hingga hari kiamat.
Kemudian setelah itu:
فهذه الرسالة سميتها “يا أختي حسبكِ نساء العالمين”، فأسأل الله عز وجل أن ينفعي بها يوم يقوم الحساب.
Tulisan ini saya namai dengan “Wahai Saudariku Cukuplah Bagimu Wanita-wanitanya Alam Semesta”. Aku memohon kepada Alloh (عز وجل) untuk memberikan manfaat kepadaku dengannya pada hari perhitungan (hari kiamat).
وأسأل الله عز وجل أن يغفر لي، ووالدي، ومشايخي، ومن أعانني على طلب العلم، وأن يكرمنا برضوانه.
Dan aku memohon kepada Alloh (عز وجل) untuk mengampuniku, mengampuni kedua orang tuaku, syaikh-syaikhku dan saipa yang membantuku dalam menuntut ilmu, dan semoga Dia memuliakan kita di Jannah (surga)-Nya.
وصلى الله على نبينا محمد وعلى آله وصحبه وسلم، والحمد لله رب العالمين.
Dan Alloh bersholawat dan menyampaikan salam atas nabi kita Muhammad, atas keluarga dan shahabatnya, segala puji bagi Alloh Robb semesta alam.
كتبه أبو أحمد محمد بن سليم الأندونيسي.
Ditulis oleh Abu Ahmad Muhammad bin Salim Al-Andunisy.

فصل:
سيدات نساء العالمين

PASAL:

PEMIMPIN-PEMIMPINNYA WANITA ALAM SEMESTA

عن أنس بن مالك رضي الله عنه، أن النبي صلى الله عليه وسلم قال: حسبكَ من نساء العالمين: مريم بنت عمران، وخديجة بنت خويلد، وفاطمة بنت محمد صلى الله عليه وسلم. (رواه أحمد في “فضائل الصحابة” والحاكم في “المستدرك” من طريق الإمام أحمد).
ورواه الإمام أحمد في “مسنده” والترمذي في “سننه” بزيادة: وآسية امرأة فرعون.
Dari Anas bin Malik –semoga Alloh meridhoinya- bahwasanya Nabi (صلى الله عليه وسلم) berkata: ”Cukup bagimu dari wanita-wanitanya alam semesta: Maryam bintu Imron, Khodijah bintu Khuwailid, Fatimah bintu Muhammad (صلى الله عليه وسلم)”. (Diriwayatkan oleh Ahmad di dalam “Fadhoilul Shohabah” dan Al-Hakim di dalam “Al-Mustadrok” dari jalur Al-Imam Ahmad).
Dan diriwayatkan oleh Al-Imam Ahmad di dalam “Musnad”nya dan At-Tirmidzy di dalam “Sunan”nya dengan tambahan: “Dan Asiyah Istri Fir’aun”.
قال الله تَعَالَى في سورة ”آل عمران”: وإذ قالت الملائكة يا مريم إن الله اصطفاك وطهرك واصطفاك على نساء العالمين. الآية.
Alloh (تَعَالَى) berkata di dalam surat “Ali Imron”: ”Dan ketika malaikat berkata: Wahai Maryam! Sesungguhnya Alloh menjadikanmu sebagai pilihan, mensucikanmu dan memilihmu atas wanita-wanita alam semesta”.
وعن علي رضي الله عنه، قال: سمعت رسول الله صلى الله عليه وسلم يقول: خير نسائها مريم بنت عمران، وخير نسائها خديجة بنت خويلد. (رواه البخاري ومسلم).
Dan dari Ali –semoga Alloh meridhoinya-, beliau berkata: Aku mendengar Rosululloh (صلى الله عليه وسلم) berkata: “Sebaik-baik wanita (alam semesta) adalah Maryam bintu Imron dan sebaik-baik wanitanya adalah Khodijah bintu Khuwailid”. (Diriwayatkan oleh Al-Bukhory dan Muslim).
وعن أبي موسى رضي الله عنه، قال: قال رسول الله صلى الله عليه وسلم: كمل من الرجال كثير، ولم يكمل من النساء غير مريم بنت عمران، وآسية امرأة فرعون، وإن فضل عائشة على النساء كفضل الثريد على سائر الطعام. (رواه البخاري ومسلم).
Dan dari Abu Musa –semoga Alloh meridhoinya-, beliau berkata: Rosululloh (صلى الله عليه وسلم) berkata: ”Yang sempurna dari kalangan laki-laki adalah banyak, dan tidaklah sempurna dari kalangan para wanita selain Maryam bintu Imron dan Asiyah istri Fir’aun, dan sesungguhnya keutamaan Aisyah atas wanita-wanita seperti keutamaan tsarid (roti yang diremuk dan direndam di dalam kuah) atas seluruh makanan”. (Diriwayatkan oleh Al-Bukhory dan Muslim).
وفي ”الصحيحين” عن عائشة رضي الله عنها، عن النبي -صلى الله عليه وسلم­- قال لبنته سَيِّدَة نِسَاءِ الْمُؤْمِنِينَ أَوْ سَيِّدَة نِسَاءِ هَذِهِ الأُمَّةِ فاطمة رضي الله عنها: فَإِنِّى نِعْمَ السَّلَفُ أَنَا لَكِ.
وقال -صلى الله عليه وسلم­-: ألا ترضين أن تكوني سيدة نساء المؤمنين، أو سيدة نساء هذه الأمة.
Dan di dalam “Ash-Shohihain” dari Aisyah –semoga Alloh meridhoinya-, dari Nabi (صلى الله عليه وسلم), beliau berkata kepada putrinya pemimpin para wanitanya orang-orang yang beriman atau pemimpin wanita-wanitanya pada umat ini Fathimah –semoga Alloh meridhoinya-: “Sesungguhnya akuadalah sebaik-baik pendahulu bagimu”.
Dan beliau (صلى الله عليه وسلم) berkata: ”Apakah kamu tidak ridho untuk menjadi pemimpinnya para wanita orang-orang yang beriman atau pemimpinnya para wanita umat ini”.
وعن عبد الله بن عباس رضي الله عنهما، قال: قال رسول الله صلى الله عليه وسلم: أفضل نساء أهل الجنة خديجة بنت خويلد، وفاطمة بنت محمد، ومريم بنت عمران، وآسية امرأة فرعون. (رواه الإمام أحمد، وابن حبان، وأبو يعلى، والطبراني، وأبو داود، وله شاهد من حديث أبي هريرة في “الأوسط للطبراني”).
Dan dari Abdulloh bin Abbas –semoga Alloh meridhoi keduanya-, beliau berkata: “Rosululloh (صلى الله عليه وسلم) berkata: ”Paling utamanya wanita-wanita penduduk Jannah (surga) adalah Khodijah bintu Khuwailid, Fatimah bintu Muhammad, Maryam bin Imron dan Asiyah istri Fir’aun”.(Diriwayatkan oleh Al-Imam Ahmad, Ibnu Hibban, Abu Ya’la, Ath-Thobrony dan Abu Dawud. Dan pada hadits ini ada penopang dari hadits Abu Huroiroh di dalam “Al-Ausath Lith-Thobrony”.

فصل:
أن مريم بنت عمران أسوة لبنات المسلمين

PASAL:

BAHWASANYA MARYAM BINTU IMRON ADALAH TELADAN BAGI PUTRI-PUTRI KAUM MUSLIMIN

قال الله تعالى في سورة ”مريم”: واذكر في الكتاب مريم إذ انتبذت من أهلها مكانا شرقيا، فاتخذت من دونِهم حجابًا –إلى قوله- فأشارت إليه، قالوا كيف نكلم من كان في المهد صبيا. الآية.
Alloh (تعالى) berkata di dalam surat “Maryam”: ”Dan ingatkanlah (kisah) Maryam di dalam Al-Kitab ketika dia menjauhkan diri dari kelurganya kesuatu tempat di sebelah timur, lalu dia menggunakan hijab (penutup) yang menutupinya dari mereka” –sampai perkataan-Nya- ”Lalu dia menunjuk kepada (bayi)nya, maka mereka berkata: Bagaimana (mungkin) kami akan berbicara dengan bayi yang masih berada dalam buayan”.
قوله: (فاتخذت من دونهم حجابًا) أي سترًا ومانعًا، وهذا التباعد منها واتخذت الحجاب لتعتزل وتنفرد بعبادة ربها، كما قاله الشيخ عبد الرحمن السعدي رحمه الله في “تيسير الكريم الرحمن”.
Perkataan-Nya: (“Lalu dia menggunakan hijab/penutup yang menutupinya dari mereka”), yaitu penutup dan pencegah, dan ini yang menjauhkan darinya, dan dia menjadikan hijab (penutup) untuk berdiam diri dan menyendiri supaya beribadah kepada Robbnya, sebagaimana disebutkan oleh Asy-Syaikh Abdurrohman As-Sa’dy –semoga Alloh merahmatinya- di dalam “Taisirul Karimir Rohman”nya.
وقال تَعَالَى في سورة ”آل عمران”: وكفلها زكريا، كلما دخل عليها زكريا المِحراب وجد عندها رزقًا. الآية.
Dan Alloh (تَعَالَى) berkata di dalam surat “Ali Imron”: ”Dan Zakariya memeliharanya, setiap Zakariya masuk menemui Maryam di mihrob maka beliau mendapati rezki (makanan) di sisinya”.
ففي هذه الآية تدل على جواز دخول المحرم على محرمه.
Pada ayat ini menunjukan atas bolehnya masuk seorang mahrom kepada mahromnya.
قال الشيخ عبد الرحمن السعدي رحمه الله في “ تيسير الكريم الرحمن”: وهذا من أعظم فضائلها. –ثم قال-: تذكر فيها بأحسن الذكر وأفضل الثناء، جزاءً لعملها الفاضل وسعيها الكامل. اهـ.
Asy-Syaikh Abdurrohman As-Sa’dy –semoga Alloh merahmatinya- berkata di dalam “Taisirul Karimir Rohman”nya: “Ini adalah termasuk paling besarnya keutamaan Maryam”. –Kemudian beliau berkata-: “Disebutkan tentangnya dengan yang paling bagusnya penyebutan dan paling utamanya pujian, sebagai balasan terhadap perbuatannya yang mulia dan usahanya yang sempurna”. –selesai-.
ففي هذه الآية تدل على جواز للمرأة تسكن في بيتها بدون محرم، وفي “الصحيح” عن عبد الله بن عباس رضي الله عنهما، قال: قال رسول الله صلى الله عليه وسلم: جاء إبراهيم بأم إسماعيل وبابنها إسماعيل وهي ترضعه، حتى وضعهما عند البيت عند دوحة، فوق زمزم في أعلى المسجد، وليس بمكة يومئذٍ أحد، وليس بها ماء، فوضعهما هنالك. الحديث.
Pada ayat ini menunjukan atas bolehnya bagi wanita tinggal di rumahnya dengan tanpa mahrom, di dalam “Ash-Shohih” dari Abdulloh bin ‘Abbas –semoga Alloh meridhoi keduanya-, Rosululloh (صلى الله عليه وسلم) berkata: “Ibrohim datang dengan Ummu Ismail dan putranya Ismail dan dia menyusuinya, kemudian Ibrohim meletakan keduanya di sisi Ka’bah, di bawah pohon, di atas air Zam zam pada puncaknya masjid, dan tidak ada di Makkah ketika itu seorang pun, dan tidak ada padanya air, beliau (Ibrohim) meletakan keduanya di sana”.
هذا الحديث يدل على أن امرأة إبراهيم تسكن في بيتها مع ابنها، وكذلك مريم بنت عمران تسكن في بيتها. وأما المرأة في هذا العصر فعكسه، تركتْ ابنها مع زوجها في البيت، وهي تسكن في مسكن خاص بالنساء بِمعهد النساء.
Hadits ini menunjukan atas bahwasanya istri Ibrohim tinggal di rumahnya bersama putranya, demikian pula Maryam bin Imron tinggal di rumahnya. Adapun wanita pada zaman ini maka kebalikannya, dia meninggalkan anaknya bersama suaminya di rumanya, dan dia tinggal di asrama khusus untuk wanita di ma’had nisa’ (pondok pesantrennya para wanita). 
وعن أبي هريرة رضي الله عنه، قال: قال رسول الله صلى الله عليه وسلم: خير نساء ركبن الإبل صالح نساء قريش، أحناه على ولد في صغره، وأرعاه على زوج في ذات يده. (رواه البخاري ومسلم). وهذه منقبة عظيمة لهن. فالزوجة تقوم بما تستطيع من تربية أولادها، وتأديبهم وتعليمهم، قال الله تعالى في سورة ”التحريم”: ياأيها الذين آمنوا قوا أنفسكم وأهليكم نارًا. الآية.
Dan dari Abu Huroiroh –semoga Alloh meridhoinya-, beliau berkata: Rosululloh (صلى الله عليه وسلم) berkata: ”Sebaik-baik para wanita yang mengendarai unta adalah yang terbaiknya wanita Quroisy, pemeliharaannya terhadap anak pada masa kecilnya, dan perhatiannya atas suaminya terhadap apa-apa yang berada dibawa tanggungannya”. (Diriwayatkan oleh Al-Bukhory dan Muslim). Dan ini tabiat yang agung. Seorang istri menjalankan apa-apa yang dia mampui dari pendidikan putra-putrinya, pembelajaran mereka dan pan pendidikan mereka, Alloh (تعالى) berkata dalam surat “At-Tahrim”:”Wahai orang-orang yang beriman, jagalah diri-diri kalian dan keluarga kalian dari api neraka”.

فصل:
أن خديجة بنت خُوَيْلِد أسوة لنساء المسلمين

PASAL:

BAHWASANYA KHODIJAH BINTU KHUWAILID TELADAN BAGI WANITA-WANITA KAUM MUSLIMIN

وفي “الصحيحن” عن عائشة رضي الله عنها، أن النبي صلى الله عليه وسلم دخل على خديجة بنت خويلد، وقال: لقد خشيت على نفسي. فقالت خديجة: كلا، واللهِ ما يخزيك الله أيدًا، إنك لتصل الرحم، -وذكرت بعض أخلاقه صلى الله عليه وسلم الكريمة. الحديث.
Di dalam ”Ash-Shohihain” dari Aisyah –semoga Alloh meridhoinya-, bahwa Nabi (صلى الله عليه وسلم) masuk menemui Khodijah bintu Khuwailid, dan beliau berkata: ”Aku khawatir atas diriku”. Maka Khodijah berkata: “Sekali-kali tidak, demi Alloh, tidaklah Alloh akan menghinakanmu selama-lamanya, sesungguhnya engkau menyambung persaudaran serahim –dan dia menyebutkan sebagian akhlak Nabi (صلى الله عليه وسلم) yang mulia.
هذا الحديث يدل على أن خديجة تخدم زوجها في بيتها، وأما بعض نساء المسلمين في هذا الزمن فعكسه، الرجل يخدم زوجه لأن زوجه تدرس في معهد النساء أو تطلب العلم في معهد النساء، الله المستعان.
Hadits ini menunjukan atas bahwasanya Khodijah melayani Nabi (صلى الله عليه وسلم) di rumahnya, dan adapun wanita di zaman ini maka kebalikannya, seseorang melayani istrinya, karena dia (istrinya) mengajar di pondok pesantrennya para putri atau menuntut ilmu di pondok pesantrennya para putri, hanyalah kepada Alloh tempat meminta tolong.

فصل:
أن عائشة بنت أبي بكر أسوة لطالبات العلم

PASAL:

BAHWASANYA AISYAH BINTU ABI BAKR ADALAH TELADAN UNTUK PARA SANTRIWATI

عن أنس بن مالك رضي الله عنه، قال: كان النبي صلى الله عليه وسلم يدور على نسائه في الساعة الواحدة، من الليل والنهار. (رواه البخاري).
Dari Anas bin Malik –semoga Alloh meridhoinya-, beliau berkata: “Dahulu Nabi (صلى الله عليه وسلم) menggilir istri-istrinya dalam satu jam dari malam dan siang”. (Diriwayatkan oleh Al-Bukhory).
وقال الحافظ ابن حجر رحمه الله في “فتح الباري”: وكانت بيوت أزواج النبي صلى الله عليه وسلم حوالي أبواب المسجد. اهـ.
Al-Hafidz Ibnu Hajar –semoga Alloh merahmatinya- berkata di dalam “Fathul Bary”: “Dan dahulu rumah-rumah istri-istrinya Nabi (صلى الله عليه وسلم) di sekitar pintu masjid”. –selesai-.
وعن عائشة رضي الله عنها، قالت: أنا طيبت رسول الله، ثم طاف في نسائه، ثم أصبح محرمًا. (رواه اليخاري ومسلم).
Dan dari Aisyah –semoga Alloh meridhoinya-, dia berkata: “Saya meminyak-minyaki Rosululloh, kemudian dia mengelilingi istri-istrinya,kemudian beliau melakukan ihrom”. (Diriwayatkan oleh Al-Bukhory dan Muslim).
وقال الإمام ابن قدامة رحمه الله في “المغني”: وليس للرجل أن يجتمع بين امرأته في مسكن واحد بغير رضاهما، صغيرًا كان أو كبيرًا، لأن عليهما ضررًا، لما بينهما من العداوة والغيرة، واجتماعهما يثير المخاصمة والمقاتلة. وتسمع كل واحدة منهما حسه إذا أتى إلى الأخرى، أو ترى ذلك، وإن رضيتا بذلك جاز، لأن حق لهما، فلهما المسامحة بتركه، وكذلك إن رضيتا بنومه في لحاف واحد، وإن رضيتا بأن يجامع واحدة بحيث تراه الأخرى لم يجز، لأن فيه دناء وسخفا وسقوط مروءة فلم يبح برضاهما، وإن أسكنهما في دار واحدة، كل واحدة في بيت جاز، إذا كان ذلك مسكن مثلها. اهـ.
Dan Al-Imam Ibnu Qudamah –semoga Alloh merahmatinya- berkata di dalam “Al-Mughny”: ”Dan tidaklah (boleh) bagi seseorang untuk mengumpulkan diantara dua istrinya pada satu tempat tinggal dengan tanpa keridhoan keduanya, sama saja dia kecil ataupun besar, karena pada keduanya terdapat madhorat, terhadap yang diantara keduanya dari permusuhan dan kecemburuan, mengumpulkan keduanya akan membawa kepada pertengkaran dan persengketaan, dan setiap salah satu dari keduanya akan mendengar gerakannya jika suaminya mendatangi yang lain, atau dia melihat yang demikian itu, jika keduanya ridho dengan demikian itu maka boleh, karena hak pada keduanya, maka bagi keduanya toleransi untuk meninggalkannya, dan demikian pula jika keduanya ridho dengan tidurnya dalam satu selimut, jika keduanya ridho untuk menjima’ yang satu dan yang lain melihatnya maka ini tidak boleh, karena padanya kehinaan, kelemahan akal dan hilangnya harga diri maka ini tidak dibolehkan walaupun dengan keridhoan keduanya, dan jika dia menjadikan keduanya tinggal di sebuah rumah, maka setiap orang ada rumahnya (ruangan tersendiri) maka ini adalah boleh, jika itu adalah tempat tinggal yang semisalnya. –selesai-.

فصل:
من فضائل آسية امرأة فرعون

PASAL:

DIANTARA KEUTAMAAN-KEUTAMAAN ASIYAH ISTRI FIR’AUN

قال الله تَعَالَى في سورة ”التحريم”: وضرب الله مثلا للذين آمنوا امرأة فرعون –إلى قوله- وكانت من القانتين. الآية.
Alloh (تَعَالَى) berkata di dalam surat “At-Tahrim”: ”Dan Alloh telah membuat permisalan bagi orang-orang yang beriman dengan istrinya Fir’aun”–sampai perkataan-Nya- ”Dan dia (Maryam) termasuk dari orang-orang yang taat”.
قال الحافظ ابن حجر رحمه الله في “فتح الباري”: ومن فضائل آسية امرأة فرعون أنها اختارت القتل على الملك والعذاب في الدنيا على النعيم الذي كانت فيه، وكانت فراستها في موسى عليه السلام صادقة حين قالت: قرة عين لي. (القصص: 9). اهـ.
Al-Hafidz Ibnu Hajar –semoga Alloh merahmatinya- berkata di dalam “Fathul Bary”: “Dan diantara keutamaan Asiyah istrinya Fir’aun bahwasanya dia memilih terbunuh di atas kerajaan dan (memilih mendapatkan) azab di dunia di atas kenikmatan (memeluk agama yang dibawa Musa) yang dia berada padanya, dan dahulu firasatnya tentang Musa (عليه السلام) adalah benar, ketika dia berkata: ”Dia (Musa) adalah penyejuk mata bagiku”. (Al-Qoshshosh: 9). –selesai-.
قال الإمام ابن كثير رحمه الله في “تفسير القرآن العظيم”: قال قتادة: كان فرعون أعتى أهل الأرض وأكفرهم، فوالله ما ضر امرأته كفر زوجها حين أطاعت ربها، ليعلموا أن الله حكم عدل. اهـ.
Al-Imam Ibnu Katsir –semoga Alloh meridhoinya- berkata di dalam “Tafsir Al-Qur’anil ‘Azhim”: “Qotadah berkata: Dahulu Fir’aun adalah paling sombongnya penduduk bumi dan paling kafirnya penduduk bumi, demi Alloh tidaklah kekafiran suaminya memudhoratkan istrinya, ketika dia mentaati Robbnya, sungguh supaya mereka mengetahui bahwasanya Alloh adalah bijaksana lagi adil”. –selesai-.

معهد النساء بدعة ضلالة

MA’HADNYA PARA WANITA ADALAH BID’AH YANG SESAT

قال أبو أحمد في ”هذه عقيدتي”: أعتقد أن معهد النساء المشهور -عند الأندونيسيين- بتربية النساء بِدْعَةٌ وَضَلَالَةٌ، قال الله تعالى: {وَقَرْنَ فِي بُيُوتِكُنَّ وَلَا تَبَرَّجْنَ تَبَرُّجَ الْجَاهِلِيَّةِ الْأُولَى} [الأحزاب: 33]. وعَنِ ابْنِ عَبَّاسٍ – رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُمَا – أَنَّهُ سَمِعَ رَسُولَ اللَّهِ – صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ – يَقُولُ: «لَا يَخْلُوَنَّ رَجُلٌ بِامْرَأَةٍ إِلَّا وَمَعَهَا ذُو مَحْرَمٍ، وَلَا تُسَافِرِ الْمَرْأَةُ إِلَّا مَعَ ذِي مَحْرَمٍ، فَقَامَ رَجُلٌ فَقَالَ: يَا رَسُولَ اللَّهِ، إِنَّ امْرَأَتِي خَرَجَتْ حَاجَّةً، وَإِنِّي اكْتُتِبْتُ فِي غَزْوَةِ كَذَا وَكَذَا قَالَ: فَانْطَلِقْ فَحُجَّ مَعَ امْرَأَتِكَ»). (رواه البخاري ومسلم). وَفي “الْبُخَارِيِّ”: «لَا تُسَافِرِ امْرَأَةٌ إِلَّا مَعَ مَحْرَمٍ، وَلَا يَدْخُلْ عَلَيْهَا رَجُلٌ إِلَّا وَمَعَهَا مَحْرَمٌ»، فَقَالَ رَجُلٌ: إِنِّي أُرِيدُ جَيْشَ كَذَا وَكَذَا، وَامْرَأَتِي تُرِيدُ الْحَجَّ، قَالَ: «اخْرُجْ مَعَهَا».
Berkata Abu Ahmad di dalam “Hadzihi ‘Aqidaty”: Aku berkeyakinan bahwa ma’hadnya para wanita yang dikenal di kalangan orang-orang Indonesia dengan “Tarbiyatun Nisa’” adalah bid’ah yang sesat, Alloh (تَعَالَى) berkata: ”Dan menetaplah kalian di rumah-rumah kalian dan janganlah kalian berselok dengan berseloknya orang jahiliyyah yang terdahulu”. (Al-Ahzab: 33).
Dan dari Ibnu ‘Abbas (رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُمَا) bahwasanya beliau mendengar Rosululloh (صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ) berkata: ”Janganlah seseorang laki-laki berdua-duaan dengan seorang wanita kecuali wanita tersebut bersama mahromnya, dan janganlah seorang wanita melakukan safar (perjalanan) kecuali bersama mahromnya. Maka berdiri seseorang lalu bertanya: “Wahai Rosululloh! Sesungguhnya istriku keluar untuk haji dan aku sudah didaftar pada pertempuran demikian dan demikian, maka Nabi berkata: ”Pergilah kamu dan hajilah bersama istrimu”. (Diriwayatkan oleh Al-Bukhory dan Muslim).
Dan di dalam “(Shohih) Al-Bukhory”: ”Janganlah seorang wanita melakukan safar (bepergian) melainkan bersama mahromnya, dan janganlah seseorang laki-laki masuk kepadanya melainkan bersamanya mahrom wanita tersebut”. Maka seseorang laki-laki berkata: “Sesungguhnya saya ingin menjadi prajurit (pada pertempuran) demikian dan demikian, dan istriku ingin haji. Nabi berkata: ”Keluarlah (untuk haji) bersamanya”. –selesai-.
وقال في ”منهاج التابعين في مخالفة المقلدين”: مثل ما أحدث بعض المسلمين في الدعوة من الجمعيات والمؤسسات ومعاهد تربية النساء وغيرها من الأمور المحدثة التي لم يشرعها الله ولا رسوله ولا أحد من السلف. فقد جاء في”الصحيحين” من حديث عائشة رضي الله عنها، قالت: قال رسول الله صلى الله عليه وسلم: (من أحدث في أمرنا هذا ما ليس منه فهو رد). اهـ.
Dan beliau berkata di dalam “Minhajut Tabi’in fii Mukholafatil Muqollidin”: Seperti apa yang diada-adakan sebagian kaum muslimin dalam dakwah, diantaranya jam’iyat dan muassasat (yayasan-yayasan) dan pondok-pondok pesantren pendidikan para wanita dan yang selainnya dari perkara-perkara baru, yang dia tidak disyari’atkan oleh Alloh, Rosul-Nya dan tidak pula salah seorang dari salaf (pendahulu), sungguh telah datang di dalam “Ash-Shohihain” dari hadits Aisyah –semoga Alloh meridhoinya-, dia berkata: Rosululloh (صلى الله عليه وسلم) berkata: ”Barang siapa mengadakan suatu perkara baru di dalam urusan (agama) kami ini maka dia tertolak”. –selesai-.
وما وجدنا معاهد النساء في زمن  سلفنا الصالح، إلا وجدنا معاهد النساء للنصارى. وأما في هذا الزمن لا سيما في أندونيسيا فقد وجدنا، وفتح جعفر عمر طالب الأندونيسي وأصحابه معهدَ النساء، وكان من أصحابه عون الرفيق غفران، وخليف الهادي، وأبو نِدَاء، فلما فتحوا معهد النساء جائَتْ النسوة من الأماكن البعيدة بدون محارمٍ. ثم تبعه بعض طلاب جعفر منهم أزهري أسري، وعبد الرحيم، ورفاعي، وعبد الهادى، ومحمد عفيف الدين، وأغوس سُعَيْدي، وأسس الدين، ومسلم، وذو القرنين، وعشكري، ولقمان وغيرهم من المخالفين، وهؤلاء مدرسون النسوة في معهد النساء، وقد قال بعض العلماء: والنبي صلى الله عليه وسلم يدرس النساء لأنه بِمَنْزلة الأب على بناته، وهذا من خصائص الأنبياء، وأما هؤلاء بمنزلة الشيطان.
Dan tidaklah kita dapati pondok-pondok pesantrennya para wanita di zaman pendahulu kita yang sholih, melainkan kita dapatkan pondok-pondok pesantrennya para wanita (biarawati) untuk orang-orang Nashoro (Kristen). Dan adapun di zaman ini, lebih-lebih di Indonesia maka sungguh telah kita dapati, dan Ja’far Umar Tholib dan kawan-kawannya telah membuka pondok pesantrennya para wanita, dan dahulu diantara kawannya adalah Aunur Rofiq Ghufron, Kholiful Hadi dan Abu Nida’. Tatkala mereka telah selesai membuka pondok-pondok pesantrennya para wanita maka datanglah para wanita dari tempat-tempat yang jauh dengan tanpa mahrom. Kemudian sebagian murid-murid Ja’far mengikutinya (membuka pondok-pondok pesantrennya para wanita), diantara murid-muridnya adalah Azhari Asri, Abdurrohim, Rifa’i, Abdul Hadi, Muhammad Afifuddin, Agus Su’aidi, Ayif Syafruddin, Asassuddin, Muslim, Dzul Qornain, Asykary, Luqman dan yang selain mereka dari para penyelisih. Dan mereka itu adalah pengajar para prempuan di pondok pesantrennya para wanita, dan sungguh telah berkata sebagian Ulama: “Dan Nabi (صلى الله عليه وسلم) mengajari para wanita karena beliau kedudukannya sebagai bapak terhadap putri-putrinya, dan ini adalah termasuk kekhususan-kekhususannya para Nabi, adapun mereka (para pengajar pondok pesantrennya para wanita) maka kedudukan mereka seperti syaithon”.
   
معهد النساء منكر من المنكرات

MA’HADNYA PARA WANITA ADALAH TERMASUK KEMUNGKARAN DARI KEMUNGKARAN-KEMUNGKARAN

ومن المنكرات في معهد النساء:
Dan diantara kemungkaran-kemungkaran di pondok pesantrennya para wanita adalah:
المرأة تسكن بدون محرمها
Wanita Tinggal dengan Tanpa Mahromnya
السؤال:
بسم الله الرحمن الرحيم
قالتِ امرأةٌ لِمَحرمها: اتركني أن أسكن في مسكن خاص بالنساء، واذهب إلى مسكن خاص بالرجال واسكن هناك! هل يتركها أم لا؟
Pertanyaan:
Dengan nama Alloh yang Ar-Rohman (Maha Pengasih) lagi Ar-Rohim (Maha Penyayang).
              Berkata seorang wanita kepada mahromnya: “Tinggalkan aku untuk menetap (tinggal) di asrama (tempat tinggal) khusus untuk para wanita, dan pergilah kamu ke asrama (tempat tinggal) khusus para pria dan tinggallah kamu di sana!”. Apakah dia (mahromnya) meninggalkannya ataukah tidak?
الجواب:
قال أبو أحمد محمد بن سَلِيْم الأندونيسي:
بسم الله الرحمن الرحيم
الحمد لله رب العالمين، والصلاة والسلام على رسول الله، وبعد:
Jawaban:
              Dengan nama Alloh yang الرحمن ”Maha Pengasih” lagi الرحيم ”Maha Penyayang”.
              Berkata Abu Ahmad Muhammad bin Salim Al-Andunisy:
              Segala puji bagi Alloh Robb semesta alam, dan sholawat dan salam untuk Rosululloh, dan kemudian setelah itu:
لا يجوز للرجل أن يترك امرأته أو بنته في مسكن خاص بالنساء، وفي “مسند أحمد” عن عائشة رضي الله عنها، قالت: قال رسول الله صلى الله عليه وسلم: «أيما امرأة وضعت ثيابها في غير بيت زوجها هتكت ما بينها وبين الله».
Tidak boleh bagi seorang pria meninggalkan istrinya atau putrinya di asrama (tempat tinggal) khusus para wanita, di dalam “Musnad Ahmad” dari ‘Aisyah –semoga Alloh meridhoinya-, dia berkata: Rosululloh صلى الله عليه وسلم berkata: ”Siapapun dari wanita yang menanggalkan pakaiannya di selain rumah suaminya maka dia telah terkoyak diantaranya dan diantara Alloh”.
والأصل أن المرأة تبقى في بيتها، أو تسكن مع محرمها، قال الله تعالى: {وَقَرْنَ فِي بُيُوتِكُنَّ وَلَا تَبَرَّجْنَ تَبَرُّجَ الْجَاهِلِيَّةِ الْأُولَى} [الأحزاب: 33].
Dan asal bahwasanya seorang wanita dia adalah menetap (tinggal) di rumahnya atau dia tinggal bersama mahromnya, Alloh (تَعَالَى) berkata: ”Dan menetaplah kalian di rumah-rumah kalian dan janganlah kalian berselok dengan berseloknya orang jahiliyyah yang terdahulu”. (Al-Ahzab: 33).
وفي “الصحيحين” عَنِ ابْنِ عَبَّاسٍ – رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُمَا – أَنَّهُ سَمِعَ رَسُولَ اللَّهِ – صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ – يَقُولُ: «لَا يَخْلُوَنَّ رَجُلٌ بِامْرَأَةٍ إِلَّا وَمَعَهَا ذُو مَحْرَمٍ، وَلَا تُسَافِرِ الْمَرْأَةُ إِلَّا مَعَ ذِي مَحْرَمٍ، فَقَامَ رَجُلٌ فَقَالَ: يَا رَسُولَ اللَّهِ، إِنَّ امْرَأَتِي خَرَجَتْ حَاجَّةً، وَإِنِّي اكْتُتِبْتُ فِي غَزْوَةِ كَذَا وَكَذَا قَالَ: فَانْطَلِقْ فَحُجَّ مَعَ امْرَأَتِكَ»).
Dan di dalam “Ash-Shohihain” dari Ibnu ‘Abbas –semoga Alloh meridhoi keduanya- bahwasanya beliau mendengar Rosululloh (صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ)berkata: ”Janganlah seseorang laki-laki berdua-duaan dengan seorang wanita kecuali wanita tersebut bersama mahromnya, dan janganlah seorang wanita melakukan safar (perjalanan) kecuali bersama mahromnya”. Maka berdiri seseorang lalu bertanya: “Wahai Rosululloh! Sesungguhnya istriku keluar untuk haji dan aku sudah didaftar pada pertempuran demikian dan demikian, maka Nabi berkata: ”Pergilah kamu dan hajilah bersama istrimu”.
وَفي “الصحيح”: «لَا تُسَافِرِ امْرَأَةٌ إِلَّا مَعَ مَحْرَمٍ، وَلَا يَدْخُلْ عَلَيْهَا رَجُلٌ إِلَّا وَمَعَهَا مَحْرَمٌ»، فَقَالَ رَجُلٌ: إِنِّي أُرِيدُ جَيْشَ كَذَا وَكَذَا، وَامْرَأَتِي تُرِيدُ الْحَجَّ، قَالَ: «اخْرُجْ مَعَهَا». والله أعلم.
Dan di dalam “Ash-Shohih ”: ”Janganlah seorang wanita melakukan safar (bepergian) melainkan bersama mahromnya, dan janganlah seseorang laki-laki masuk kepadanya melainkan bersamanya mahrom wanita tersebut”. Maka seseorang laki-laki berkata: “Sesungguhnya saya ingin menjadi prajurit (pada pertempuran) demikian dan demikian, dan istriku ingin haji. Nabi berkata: ”Keluarlah (untuk haji) bersamanya”. Dan Alloh yang Paling Tahu. 

المرأة تسكن بدون علم أو بدون إذن من محرمها
Wanita Tinggal dengan Tanpa Sepengetahuan atau dengan Tanpa Izin Mahromnya
ومن المنكرات في معهد النساء:
Termasuk dari kemungkaran-kemungkaran di pondok pesantrennya para wanita:
المرأة تسكن في المعهد أو في مسكن خاص بالنساء بدون علم أو بدون إذن من محرمها، وفي “الصحيحين” من حديث عائشة رضي الله عنها، أن النبي صلى الله عليه وسلم رأى الأخبية، فقال: ما هذا؟ ثم ترك الاعتكاف في رمضان، واعتكف عشرًا من شوال.
Seorang wanita yang tinggal di pondok pesantren atau tinggal di asrama khusus para wanita dengan tanpa sepengetahuan atau tanpa izin dari mahromnya, di dalam “Ash-Shohihain” dari hadits Aisyah –semoga Alloh meridhoinya-, bahwasanya Nabi (صلى الله عليه وسلم) melihat tenda, maka beliau berkata: “Apa ini?!”, kemudian beliau meninggalkan itikaf di bulan Romadhon, dan beliau beritikaf di sepuluh hari pada bulan syawwal.
قال الحافظ ابن حجر رحمه الله في “فتح الباري”: في الحديث أن المرأة لا تعتكف حتى تستأذن زوجها وأنها إذا اعتكفت بغير إذنه كان له أن يخرجها. اهـ.
وهذا في أمر الاعتكاف بالمسجد، وهو سنة، وكيف بمعهد النساء أو المرأة تسكن في مسكن خاص بالنساء؟!.
Al-Hafidz Ibnu Hajar –semoga Alloh merahmatinya- berkata di dalam “Fathul Bary”: Pada hadits ini (menunjukan) bahwasanya seorang wanita tidak (boleh) beritikaf sampai dia meminta izin kepada suaminya, dan bahwasanya kalau dia beritikaf dengan tanpa izin suaminya maka bagi suaminya mengelurkannya”. –selesai-.
Dan ini tentang perkaranya itikaf di masjid, dan dia adalah sunnah, lalu bagaimana dengan pondok pesantrennya para wanita atau seorang wanita tinggal di asrama khusus para wanita?!.
وعن عبد الله بن عمر رضي الله عنهما عن النبي صلى الله عليه وسلم قال: إذا استأذنكم نساؤكم باليل إلى المسجد فأذنوا لهن. (رواه الجماعة إلا ابن ماجه).
Dan dari Abdulloh bin ‘Umar –semoga Alloh meridhoi keduanya-, dari Nabi (صلى الله عليه وسلم), beliau berkata: “Jika wanita-wanita kalian meminta izin kepada kalian pada malam hari untuk ke masjid maka izinkanlah oleh kalian untuk mereka”. (Diriwayatkan oleh Al-Jama’ah selain Ibnu Majah).
قال الإمام الشوكاني رحمه الله في “نيل الأوطار”: وخص الليل بالذكر لما فيه من الستر بالظلمة. قال النووي: واستدل به على أن المرأة لا تخرج من بيت زوجها إلا بإذنه. اهـ.
Al-Imam Asy-Syaukany ­–semoga Alloh merahmatinya- berkata di dalam “Nailul Author”: Dan pengkhususan pada malam hari dengan menyebutkan terhadap apa-apa yang padanya ketertutupan dengan gelapnya malam. An-Nawawy berkata: Berdalil dengan hadits tersebut atas bahwasanya seorang wanita tidak boleh dia keluar dari rumah suaminya kecuali dengan izinnya.
وقال الإمام الشوكاني رحمه الله في “نيل الأوطار”: لكن يتقوى بأن يقال: إن منع الرجال نساءهم أمر متقرر، وإنما علق الحكم بالمسجد لبيان محل الجواز، فبقى ما عداه على المنع. اهـ.
Dan Al-Imam Asy-Syaukany –semoga Alloh merahmatinya- berkata di dalam “Nailul Author”: “Akan tetapi yang kuat untuk dia katakan: Sesungguhnya larangnya para lelaki kepada wanita-wanita mereka adalah perkara yang ditetapkan, dan hanya saja ini dikaitkan hukumnya dengan masjid untuk menjelaskan keadaan bolehnya, maka yang tersisa dari apa-apa yang selain masjid adalah terlarang”. –selesai-.

المرأة تنظر إلى عورة المرأة
Seorang Wanita Melihat kepada Auratnya Wanita
ومن المنكرات في معهد النساء أو مسكن خاص بالنساء:
Dan diantara kemungkaran-kemungkaran di pondok pesantrennya para wanita atau di asrama khususnya para wanita:
المرأة تنظر إلى عورة المرأة، عن أبي سعيد الخدري رضي الله عنه، عن النبي صلى الله عليه وسلم، قال: ولا تنظر المرأة إلى عورة المرأة. (رواه مسلم والترمذي واللفظ له).
Seorang wanita melihat kepada aurat wanita, dari Abu Said Al-Khudry –semoga Alloh meridhoinya-, dari Nabi (صلى الله عليه وسلم), beliau berkata: “Janganlah seorang wanita melihat kepada auratnya wanita”. (Diriwayatkan oleh Muslim dan At-Tirmidzy dan lafadz ini adalah lafadz At-Tirmidzy).
قال الإمام النووي رحمه الله في “المنهاج على صحيح مسلم بن الحجاج”: ففيه تحريم نظر الرجل إلى عورة الرجل، والمرأة إلى عورة المرأة، وهذا لا خلاف فيه، وكذلك نظر الرجل إلى عورة المرأة، والمرأة إلى عورة الرجل حرام بالإجماع، ونبه صلى الله عليه وسلم بنظر الرجل إلى عورة الرجل، على نظره إلى عورة المرأة، وذلك بالتحريم أولى. اهـ.
Al-Imam An-Nawawy –semoga Alloh merahmatinya- berkata di dalam “Al-Minhaj ‘ala Shohih Muslim Ibnil Hajjaj”: Padanya (dalil tentang) haromnya seseorang laki-laki melihat kepada aurat laki-laki, dan wanita melihat aurat wanita, ini tidak ada perbedaan pendapat tentangnya, demikian pula seseorang laki-laki melihat kepada auratnya wanita, dan wanita melihat kepada auratnya laki-laki adalah harom dengan kesepakatan (ulama), dan beliau (صلى الله عليه وسلم) memperingatkan terhadap seseorang laki-laki yang melihat kepada aurat laki-laki, dan atas lakilaki melihat kepada auratnyaperempuan, dan demikian itu pengaharomannya lebih utama”. –selesai-.
وقال رحمه الله: وأما ضبط العورة في حق الأجانب فعورة الرجل مع الرجل ما بين الستر والركبة، وكذلك المرأة مع المرأة. اهـ.
Dan beliau –semoga Alloh merahmatinya- berkata: “Dan adapun ketentuan aurat pada orang asing (yang bukan mahrom) maka auratnya laki-laki bersama laki-laki adalah apa-apa yang diantara pusar dan lutut, demikian pula wanita bersama wanita”. –selesai-.

المرأة تصف محاسن المرأة لرجلٍ
Seorang Wanita Mensifati Keindahan Wanita kepada Lelaki
ومن المنكرات في معهد النساء:
Dan termasuk dari kemungkaran-kemungkaran di pondok pesantrennya para wanita:
المرأة تصف محاسن المرأة لرجل، عن عبد الله بن مسعود رضي الله عنه، قال: قال رسول الله صلى الله عليه وسلم: لا تباشر المرأة المرأة، فتصفها لزوجها كأنه ينظر إليها. (رواه البخاري ومسلم).
Seorang wanita mensifati keindahan wanita kepada laki-laki, dari Abdulloh bin Mas’ud –semoga Alloh meridhoinya-, beliau berkata: Rosululloh (صلى الله عليه وسلم) berkata: ”Janganlah seorang wanita memperhatikan keindahan wanita, lalu dia mensifatinya kepada suaminya, sehingga suaminya seakan-akan melihat kepadanya”. (Diriwayatkan oleh Al-Bukhory dan Muslim).

المرأة تخلع ثيابها
Wanita Melepaskan Pakaiannya
سكون المرأة في معهد النساء بدون محرم لا تجوز، ولا تجوز أيضًا أن تخلع ثيابها في غير بنيتِها أو بيتِ زوجِها أو بيتِ محرمِها أو أمكان ليستْ فيها محرمها، عن عائشة رضي الله عنها، قالت: قال رسول الله صلى الله عليه وسلم: «أيما امرأة وضعت ثيابها في غير بيت زوجها هتكت ما بينها وبين الله». (رواه الإمام أحمد).
Tinggalnya wanita di pondok pesantrennya para wanita dengan tanpa mahrom adalah tidak boleh, dan tidak boleh juga bagi wanita untuk melepaskan pakaiannya diselain rumahnya atau rumah suaminya atau rumah mahromnya atau di tempat-tempat yang tidak ada padanya mahromnya, dari Aisyah –semoga Alloh meridhoinya-, dia berkata: Rosululloh (صلى الله عليه وسلم) berkata: ”Siapa saja dari wanita yang melepaskan pakaiannya diselain rumah suaminya maka dia telah tercoreng diantaranya dan diantara Alloh”. (Diriwayatkan oleh Al-Imam Ahmad).

فصل:
الحمد لله الذي أنجى فاطمة من النار

PASAL:

SEGALA PUJI BAGI ALLOH YANG TELAH MENYELAMATKAN FATIMAH DARI NERAKA

عن ثوبان مولى النبي صلى الله عليه وسلم، قال: قال رسول الله صلى الله عليه وسلم: الحمد لله الذي أنجى فاطمة من النار. (رواه النسائي).
Dari Tsauban –bekas budaknya Nabi (صلى الله عليه وسلم)-, beliau berkata: Rosululloh (صلى الله عليه وسلم) berkata: ”Segala puji bagi Alloh yang telah menyelamatkan Fatimah dari neraka”. (Diriwayatkan oleh An-Nasa’y).
وعن علي رضي الله عنه، قال: أن فاطمة عليها السلام أتت النبي صلى الله عليه وسلم، تشكو إليه ما تلقى في يدها من الرحى. (رواه مسلم).
Dan dari Ali –semoga Alloh meridhoinya-, beliau berkata: Bahwasanya Fatimah (عليها السلام)  datang kepada Nabi (صلى الله عليه وسلم) mengeluh kepadanya terhadap apa-apa tergores pada tangannya disebabkan dari gilingan. (Diriwayatkan oleh Muslim).
وعن سهل بن سعد، قال: لما عرس أبو أسيد الساعدي دعا النبي صلى الله عليه وسلم وأصحابه، فكانت امرأته يومئذٍ خادمهم، وهي العروس: (رواه البخاري ومسلم).
Dari Sahal bin Sa’ad, beliau berkata: “Tatkala Abu Usaid As-Sa’idiy pengantinan maka beliau mengundang Nabi (صلى الله عليه وسلم) dan para shahabatnya, maka istrinya pada hari itu melayani (menjamu) mereka, dan dia adalah pengantin”. (Diriwayatkan oleh Al-Bukhory dan Muslim).
قال الحافظ ابن حجر رحمه الله في “فتح الباري”: “في الحديث جواز خدمة المرأة زوجها ومن يدعوه، ولا يخفى أن محل ذلك عند أمن الفتنة ومراعاة ما يجب  عليها من الستر، وجواز استخدام الرجل امرأته في مثل ذلك. اهـ.
Al-Hafidz Ibnu Hajar –semoga Alloh merahmatinya- berkata di dalam “Fathul Bary”: Pada hadits tersebut adalah bolehnya seorang suami membantu (melayani) suaminya dan para undangannya, dan tidak tersembunyi bahwa keadaan yang demikian itu bila aman dari fitnah dan tangung jawab atas apa-apa yang wajib baginya adalah memakai penutup, dan boleh seorang laki-laki menjadikan istrinya untuk membantu pada perkara seperti”. –selesai-.
وعن أبي هريرة رضي الله عنه قال: قيل: يا رسول الله، أي النساء خير؟ قال: التي تسره إذا نظر، وتطيعه إذا أمر، ولا يخالفه فيما يكره في نفسها وماله. (رواه أحمد).
Dan dari Abu Huroiroh –semoga Alloh meridhoinya-, beliau berkata: “Dikatakan (kepada Rosululloh): Wahai Rosululloh, siapa para wanita yang terbaik? Beliau berkata: “Yang menggembirakan jika dilihat, dan dia taat jika diperintah, dan tidak menyelisihi (suami)nya terhadap apa-apa yang dibencinya pada dirinya dan hartanya”. (Diriwayatkan oleh Ahmad).
والطاعة تكون بحسب الاستطاعة، وتكون في غير معصية الله، قال الله تعالى في سورة ”التغابن”: فاتقوا الله ما استطعتم. 
Dan ketaatan seorang istri (terhadap suaminya) disesuaikan dengan kemampuan, dan ketaatannya bukan bermaksiat kepada Alloh, Alloh (تعالى) berkata di dalam surat “At-Taghobun”: “Maka bertaqwalah kalian kepada Alloh semampu kalian”.
وفي “الصحيحين” عن جرير بن عبد الله رضي الله عنهما، قال: بايعتُ رسول الله صلى الله عليه وسلم على السمع والطاعة فلقنني: “فيما استطعتُ”، والنصح لكل مسلم.
Dan di dalam “Ash-Shohihain” dari Jarir bin Abdulloh –semoga Alloh meridhoi keduanya-, beliau berkata: “Aku membaiat Rosululloh (صلى الله عليه وسلم) untuk mendengar dan taat, beliau memperdengarkan secara lisannya kepadaku: “Terhadap apa-apa yang kamu mampui”, dan menasehati setiap muslim”.
وعن عمران بن حصين والحكم بن عمرو الغفاري رضي الله عنهما، أن النبي صلى الله عليه وسلم قال: لا طاعة لمخلوق في معصية الله. (رواه أحمد، والطبراني، والطيالسي).
Dan dari Imron bin Hushoin dan Al-Hakam bin ‘Amr Al-Ghifary –semoga Alloh meridhoi keduanya-, bahwasanya Nabi (صلى الله عليه وسلم) berkata:”Tidak ada ketaatan kepada makhluk dalam memaksiati Alloh”. (Diriwayatkan oleh Ahmad, Ath-Thobrony dan Ath-Thoyalisy).
وفي “الصحيحين” عن عبد الله بن عمر رضي الله عنهما، قال: قال رسول الله صلى الله عليه وسلم: لا طاعة في معصية، إنما الطاعة في المعروف.
Dan di dalam “Ash-Shohihain” dari Abdulloh bin Umar –semoga Alloh meridhoi keduanya-, beliau berkata: Rosululloh (صلى الله عليه وسلم) berkata:”Tidak ada ketaatan dalam kemaksiatan, hanya saja ketaatan pada kebaikan”.
وصلى الله على نبينا محمد وعلى آله وصحبه وسلم، والحمد لله رب العالمين.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar