RINGKASAN KETERANGAN
TENTANG
PERJALANAN
HIDUP ABUL 'ABBAS HARMIN
Ditulis Oleh:
Abu Muhammad Anas bin Salim Al-Limboriy
'Afallohu 'Anhu
Diberi Keterangan Oleh:
Abu Ahmad Muhammad bin Salim Al-Limboriy
'Afallohu 'Anhu
KATA PENGANTAR
(Abu Ahmad Muhammad bi Salim Al Limboriy)
بِسم الله
الرَّحمنِ الرَّحِيم
الحَمْدُ لله، أَحْمَدُه،
وأستعينُه، وأستغفرُهُ، وأَشْهَدُ أنْ لا إلَهَ إلا اللهُ وَحْدَهُ لا شَرِيكَ لَهُ،
وأشهدُ أنَّ مُحَمَّدًا عبْدُه ورَسُولُه.
أمّا بعدُ:
Tulisan
yang ringkas ini merupakan salah satu karya saudara kami Abu Muhammad Anas bin
Salim Al-Limboriy 'Afallohu 'Anhu, yang beliau tulis untuk mengenang
kisah ringkas tentang perjalanan hidup saudara kami yang tercinta Abul 'Abbas
Harmin bin Salim Rohimahulloh wa Askanahu Jannatal Firdausil A'la.
Dan
kami beri beberapa tambahan keterangan tentangnya yang tidak kami sebutkan di
dalam tulisan kami yang berjudul "An-Nushhul Amin min Tarjamati
Abil 'Abbas Harmin".
Pada
tulisan yang ada di hadapanmu ini berjudul "RINGKASAN KETERANGAN
TENTANG PERJALANAN HIDUP ABUL 'ABBAS HARMIN".
Semoga
Alloh Ta'ala menjadikan atas apa yang kami tulis ini bermanfaat.
Nama
Beliau:
Nama
beliau adalah Harmin, kuniyah beliau adalah Abul 'Abbas. Nama bapak beliau
adalah Salim dan ibu beliau adalah Musrihah Rohimahumulloh.
Kelahiran
Beliau:
Beliau
lahir di Limboro, Seram Bagian Barat.
Saudara-saudari
Beliau:
Beliau
anak kedua dari 11 (sebelas) orang bersaudara, 4 (empat orang) dari mereka
meninggal dunia; 2 (dua) laki-laki meninggal ketika masih bayi dan 2 (dua)
prempuan meninggal ketika masih anak-anak.
Tujuh
dari saudaranya yang selain dari 4 (empat) itu semuanya adalah laki-laki
kecuali yang terakhir wanita.
KETERANGAN:
Semoga
Alloh Ta'ala menjadikan 4 (empat) saudara-saudarinya yang meninggal itu
sebagai pemberi syafa'at kepada kedua orang tuanya, sebagaimana yang dikatakan
oleh Rosululloh Shollallohu 'Alaihi wa Sallam:
«مَا مِنَ النَّاسِ مُسْلِمٌ، يَمُوتُ لَهُ
ثَلاَثَةٌ مِنَ الوَلَدِ لَمْ يَبْلُغُوا الحِنْثَ، إِلَّا أَدْخَلَهُ اللَّهُ
الجَنَّةَ بِفَضْلِ رَحْمَتِهِ إِيَّاهُمْ».
"Tidaklah dari manusia yang dia
adalah seorang muslim, mati baginya tiga dari anak-anak(nya), yang anak-anak
itu belum baligh melainkan Alloh akan memasukannya ke dalam Jannah (Surga)
dengan keutamaan rohmah (kasih sayang)-Nya kepada mereka". Diriwayatkan
oleh Al-Bukhoriy di dalam "Shohih"nya (no. 1248) dari hadits
Anas bin Malik.
Jumlah
3 (tiga) bukan berarti sebagai pembatasan, lebih dari itu tentu keutamaannya juga
lebih besar.
Muslim
meriwayatkan di dalam "Shohih"nya (no. 2636) dari hadits Abu
Huroiroh, beliau berkata:
"أَتَتِ امْرَأَةٌ النَّبِيَّ صَلَّى
اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ بِصَبِيٍّ لَهَا، فَقَالَتْ: يَا نَبِيَّ اللهِ ادْعُ
اللهَ لَهُ، فَلَقَدْ دَفَنْتُ ثَلَاثَةً، قَالَ: «دَفَنْتِ ثَلَاثَةً؟» قَالَتْ:
نَعَمْ، قَالَ: «لَقَدِ احْتَظَرْتِ بِحِظَارٍ شَدِيدٍ مِنَ النَّارِ»".
"Seorang wanita datang kepada Nabi Shollallohu
'Alaihi wa Sallam dengan membawa bayinya, lalu dia berkata: "Wahai
Nabiulloh, berdoalah kepada Alloh untuknya, sungguh aku telah mengubur tiga
(anak-anakku yang meninggal), beliau berkata: "Tiga yang telah kamu
kubur?", Dia mejawab: "Iya", beliau Shollallohu
'Alaihi wa Sallam berkata: "Sungguh telah tercegah bagimu dengan
pencegah yang kokoh dari neraka".
Pada
hadits tersebut hanya menyebutkan 3 (tiga) anak, itu bukan berarti pula sebagai
pembatasan, namun kurang dari 3 (tiga) juga mendapatkan keutamaan, sebagaimana
yang diriwayatkan oleh Al-Bukhoriy di dalam "Shohih"nya (no. 7310)
dan Muslim di dalam "Shohih"nya (no. 2633) dari hadits Abu
Sa'id Al-Khudriy, bahwa Rosululloh Shollallohu 'Alaihi wa Sallam berkata:
«مَا مِنْكُنَّ امْرَأَةٌ تُقَدِّمُ بَيْنَ
يَدَيْهَا مِنْ وَلَدِهَا ثَلاَثَةً، إِلَّا كَانَ لَهَا حِجَابًا مِنَ النَّارِ»،
فَقَالَتِ امْرَأَةٌ مِنْهُنَّ: يَا رَسُولَ اللَّهِ، أَوِ اثْنَيْنِ؟
فَأَعَادَتْهَا مَرَّتَيْنِ، ثُمَّ قَالَ: «وَاثْنَيْنِ وَاثْنَيْنِ وَاثْنَيْنِ».
"Tidaklah
dari kalian seorang wanita yang didahului (meninggal) dari 3 (tiga) anaknya
(yang belum baligh), melainkan anaknya itu baginya adalah penghalang dari
neraka",
maka berkatalah seorang wanita: "Wahai Rosululloh (bagaimana dengan) dua
anak?, dia mengulangi pertanyaannya dua kali, beliau menjawab: "Dan
juga dua, dan juga dua, dan juga dua".
Dan
di dalam "Shohih Muslim" (no. 2635) dari hadits Abu Huroiroh, Rosululloh
Shollallohu 'Alaihi wa Sallam berkata:
«صِغَارُهُمْ دَعَامِيصُ الْجَنَّةِ
يَتَلَقَّى أَحَدُهُمْ أَبَاهُ -أَوْ قَالَ: أَبَوَيْهِ-، فَيَأْخُذُ بِثَوْبِهِ
-أَوْ قَالَ: بِيَدِهِ-، كَمَا آخُذُ أَنَا بِصَنِفَةِ ثَوْبِكَ هَذَا، فَلَا
يَتَنَاهَى حَتَّى يُدْخِلَهُ اللهُ وَأَبَاهُ الْجَنَّةَ».
"Anak-anak
kecil mereka adalah anak-anak Jannah (Surga), salah seorang dari mereka
menanti-nanti bapaknya –atau
beliau berkata: "ibu bapaknya, lalu memegang bajunya", -atau
beliau berkata: "Memegang tangannya, sebagaimana aku memegang ujung
bajuku ini, tidaklah meninggalkannya sampai Alloh memasukannya dan memasukan
bapaknya ke dalam Jannah".
Masa
Kecil dan Pertumbuhannya:
Beliau
Rohimahulloh sejak kecil dikenal cerdas, sebelum masuk sekolah MIM
(Madrasah Ibtida'iyah Muhammadiyyah) di Limboro beliau sudah bisa membaca dan
menghitung, beliau belajar dengan ibunya (Musyrihah) di rumahnya.
Ketika
masuk sekolah dan beliau duduk di kelas 1 (satu), beliau sering dipanggil oleh
gurunya untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan di kelas 2 (dua) dan di kelas 3
(tiga), sampai suatu ketika bibinya (Halimah) lewat di pinggir sekolah dia
melihat manusia ramai diapun datang melihatnya ternyata keponakannya (ya'ni
Harmin) sedang berada di depan anak-anak sekolah kelas 2 (dua) atau kelas 3
(tiga), setiap pertanyaan yang diajukan kepadanya oleh guru kelas 2 (dua) dan
guru kelas 3 (tiga) selalu beliau menjawabnya dengan benar.
Dan
kecerdasan beliau diakui oleh guru-guru sekolah ketika itu, padahal beliau
adalah orang yang paling kecil umurnya di dalam kelas 1 (satu).
KETERANGAN:
Selama
sekolah, dari sekolah dasar hingga perguruan tinggi beliau selalu mendapatkan
peringkat yang paling terbaik.
Alhmadulillah
dengan sebab kecerdasannya membuat beliau menerima dan mengikuti da'wah
Rosululloh Shollallohu 'Alaihi wa Sallam, karena merupakan ciri orang
yang cerdas adalah mudah menerima dan mengikuti da'wah dan ajaran yang dibawa
oleh para rosul, sebagaimana Alloh Ta'ala sebutkan tentang seorang ratu
di negri Saba', dia adalah wanita yang cerdas, dengan kecerdasannya kemudian
dia mengikuti da'wah Nabiulloh Sulaiman 'Alaihis Salam, dan dia berkata
sebagaimana yang Alloh Ta'ala kisahkan di dalam Al-Qur'an:
{رَبِّ إِنِّي ظَلَمْتُ نَفْسِي وَأَسْلَمْتُ
مَعَ سُلَيْمَانَ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِينَ} [النمل: 44].
"Wahai
Robbku sesungguhnya aku telah menzholimi diriku. Dan aku (sekarang) telah
memeluk Islam bersama Sulaiman karena Alloh Robb semesta alam". (An-Naml: 44).
Bacalah
kisah wanita cerdas ini di dalam Al-Qur'an pada surat "An-Naml"
sehingga kamu bisa mengambil pelajaran.
Kasih
Sayangnya Terhadap Saudara-Saudaranya:
Beliau
Rohimahulloh penyayang terhadap anak-anak dan adik-adiknya.
Keterangan:
Beliau
menjadikan adik-adik kecilnya seakan-akan sebagai anak-anaknya, beliau
menyayangi mereka, mencintai mereka, bahkan beliau menggendong mereka, semasa
beliau sekolah ataupun ketika beliau pulang dari kuliah ke kampungnya beliau berbuat seperti itu.
Begitu
pula ketika beliau Rohimahulloh sudah menikah maka beliau menyayangi
kedua anaknya, beliau memperlakukannya sebagaimana Rosululloh Shollallohu
'Alaihi wa Sallam memperlakukan kedua cucunya ya'ni Hasan dan Husain, diriwayatkan
oleh Al-Bukhoriy di dalam "Shohih"nya (no. 3749) dan Muslim di
dalam "Shohih"nya (no. 2422) dari hadits Al-Baro' Rodhiyallohu
'Anhu, beliau berkata:
"رَأَيْتُ النَّبِيَّ صَلَّى اللهُ
عَلَيْهِ وَسَلَّمَ، وَالحَسَنُ بْنُ عَلِيٍّ عَلَى عَاتِقِهِ، يَقُولُ:
«اللَّهُمَّ إِنِّي أُحِبُّهُ فَأَحِبَّهُ»".
"Aku melihat Nabi Shollallohu
'Alaihi wa Sallam, dan Hasan bin 'Ali di antara dua pundak dan lehernya
(mengungganginya), beliau berdoa: "Ya Alloh, sesungguhnya aku
mencintainya maka cintailah dia".
Abu
'Abbas Harmin Rohimahulloh tidak hanya menyayangi adik-adik kecilnya
seperti itu, tidak juga hanya menyayangi kedua anaknya, namun beliau juga
menyayangi anak-anak saudaranya dan anak-anak kawan-kawannya.
Apa
yang beliau lakukan sebagai pengamalan sunnah Rosululloh Shollallohu 'Alaihi
wa Sallam dan pencontohan kepada para salafush sholih, sebagaimana yang
pernah dilakukan oleh Abu Bakr Ash-Shiddiq Rodhiyallohu 'Anhu, diriwayatkan
oleh Al-Bukhoriy di dalam "Shohih"nya (no. 3750) dari hadits
'Uqbah Ibnul Harits, beliau berkata:
"رَأَيْتُ أَبَا بَكْرٍ رَضِيَ اللَّهُ
عَنْهُ، وَحَمَلَ الحَسَنَ وَهُوَ يَقُولُ: «بِأَبِي شَبِيهٌ بِالنَّبِيِّ، لَيْسَ
شَبِيهٌ بِعَلِيٍّ» وَعَلِيٌّ يَضْحَكُ".
"Aku melihat Abu Bakr Rodhiyallohu
'Anhu, dan beliau menggendong Hasan, dan beliau berkata: "Ini adalah
serupa dengan Nabi, tidak serupa dengan'Ali". Dan Ali bertawa
(mendengarkan ucapan Abu Bakr).
Kelembutannya
dalam Mendidik Saudara-Saudaranya:
Beliau
Rohimahulloh mengajari adik-adiknya dan anak-anak kaum muslimin.
Saya
(Anas) bisa membaca huruf latin karena sebab beliau yang mengajariku, dan
ketika aku sekolah teman-temanku senang belajar kelompok di rumahku, karena
biasanya beliau Rohimahulloh yang membimbing kami.
Keterangan:
Demikianlah
keadaan beliau yang perhatian dengan saudara-saudaranya, dan ini sebelum beliau
mengenal da'wah Ahlissunnah wal Jama'ah, ketika beliau sudah mengenal da'wah
bertambah kecintaan dan kasih sayangnya terhadap saudara-saudarinya, lebih-lebih
bagi mereka yang mengikuti da'wahnya untuk menjadi pengikut setia Nabi Shollallohu
'Alaihi wa Sallam maka beliau bertambah kecintaannya kepada mereka, begitu
pula saudara-saudaranya Ahlussunnah mencintai beliau pula, sungguh benar apa
yang dikatakan oleh Rosululloh Shollallohu 'Alaihi wa Sallam:
«إِنَّ المُؤْمِنَ لِلْمُؤْمِنِ
كَالْبُنْيَانِ يَشُدُّ بَعْضُهُ بَعْضًا» وَشَبَّكَ أَصَابِعَهُ.
"Sesungguhnya seorang yang beriman
dengan orang yang beriman lainnya seperti bangunan yang saling mengokohkan
sebagiannya terhadap sebagian yang lain", dan beliau memasukan
jari-jemarinya antara satu dengan yang lainnya. Diriwayatkan oleh Al-Bukhoriy
di dalam "Shohih"nya (no. 481) dan Muslim di dalam "Shohih"nya
(no. 2585) dari hadits Abu Musa Al-Asy'ariy.
Dan
Rosululloh Shollallohu 'Alaihi wa Sallam berkata:
«لاَ يُؤْمِنُ أَحَدُكُمْ، حَتَّى يُحِبَّ
لِأَخِيهِ مَا يُحِبُّ لِنَفْسِهِ».
"Tidak (sempurnah) keimanan salah
seorang diantara kalian, melainkan dia mencintai saudaranya sebagaimana dia
mencintai dirinya sendiri". Diriwayatkan oleh Al-Bukhoriy di dalam
"Shohih"nya (no. 13) dan Muslim di dalam "Shohih"nya
(no. 45) dari hadits Anas bin Malik.
Kesungguhannya
Dalam Mencari Kebenaran:
Setelah
beliau Rohimahulloh mengenal da'wah Ahlissunnah wal Jama'ah, beliau
berkeinginan untuk pergi menuntut ilmu di pondok pesantren namun karena banyak
rintangan dan tantangan, maka beliau hanya menyuruh adiknya yaitu Abul Husain
Umair untuk berangkat ke pondok pesantren. Dan Abul Husain Umair inilah orang
yang pertama kali dari kalangan Ahlussunnah di Limboro yang berangkat menuntut
ilmu di pondok pesantren.
Ketika
beliau selesai melanjutkan studinya di STAIN (Sekolah Tinggi Agama Islam Negri)
Ambon dan beliau memperoleh gelar SHI (Sarjana Hukum Islam), maka beliau
bergegas untuk mewujudkan cita-citanya yaitu menuntut ilmu agama di pondok
pesantren di Jawa, beliau kembali ke kampung Limboro membantu bapaknya memanen
cengkeh, setelah selesai panen, beliau mendapatkan sekarung cengkeh kemudian beliau
jual untuk biaya perjalanannya ke pondok pesantren, beliau Rohimahulloh
kemudian pergi bersama adik kecilnya (ya'ni saya; Anas).
Keterangan:
Dalam
perjalanannya bersama adiknya ke pondok pesantren ini, keduanya mendapatkan
berbagai macam ujian dan cobaan yang berat, Alhamdulillah keduanya bisa
bersabar, ketika sedang di pelabuhan Ambon, adiknya hampir ditahan dan dicegah
supaya tidak ke pondok pesantren, Alhamdulillah dengan pembelaan darinya dan
dari kawan-kawannya adiknyapun bisa beliau bawa, hingga keduanya berhasil
menyebrangi lautan menuju pulau Jawa.
Sesampainya
di Jawa, beliau Rohimahulloh tidak sanggup bertahan lama, disebabkan
tidak adanya dukungan dari keluarga, beliau memaksakan diri hanya setahun bisa
duduk di pondok pesantren, hal demikian itu dikarenakan beliau tidak sanggup
membayar iuran di pondok pesantren, setelah itu beliau kembali ke Maluku untuk bekerja
sehingga bisa membiayai saudara-saudaranya di pondok pesantren dan yang mau ke
pondok pesantren.
Menyambung
Hubungan Kekeluargaan:
Beliau
Rohimahulloh pulang dari pondok pesantren dengan tidak mengabariku
karena ketika itu aku di pondok pesantren lain, yang berjauhan dengan pondok
pesantren yang beliau belajar padanya, beliau sengaja tidak mengabariku jangan
sampai aku sedih dan ingin juga pulang karena aku ketika itu masih kecil.
Dari
pondok pesantren itu, beliau singgah di Buton (Sulawesi Tenggara) untuk berjumpa
dan silaturrohim (menyambung hubungan kekeluargaan) dengan bibinya
(kakak kandung ibunya), sesampainya di Buton beliau dikabari oleh sepupu ibunya
bahwa bibinya sudah lama pindah ke Flores.
Keterangan:
Dan
beliau sangat senang karena masih bisa berjumpa dengan keluarga besar orang tuanya
di Buton, Rosululloh Shollallohu 'Alaihi wa Sallam berkata:
«إِنَّ أَبَرَّ الْبِرِّ صِلَةُ الْوَلَدِ
أَهْلَ وُدِّ أَبِيهِ».
"Sesungguhnya
paling baiknya kebaikan adalah seorang anak menyambung (hubungan) persahabatan bapaknya". Diriwayatkan oleh
Muslim di dalam "Shohih"nya (no. 2552) dari hadits Abdulloh
bin 'Umar.
Dengan
menyambung hubungan persahabatan orang tua saja sudah begitu utamanya maka
tentu lebih utama lagi kalau yang masih berhubungan kekeluargaan, bahkan ketika
ada yang berkata kepada Rosululloh Shollallohu 'Alaihi wa Sallam:
يَا رَسُولَ اللَّهِ،
أَخْبِرْنِي بِعَمَلٍ يُدْخِلُنِي الجَنَّةَ؟.
"Wahai Rosululloh, kabarkanlah
kepadaku terhadap suatu amalan dengan sebab amalan itu memasukanku ke dalam
Jannah (Surga)?", maka beliau Shollallohu 'Alaihi wa Sallam berkata:
«تَعْبُدُ اللَّهَ لاَ تُشْرِكُ بِهِ
شَيْئًا، وَتُقِيمُ الصَّلاَةَ، وَتُؤْتِي الزَّكَاةَ، وَتَصِلُ الرَّحِمَ».
"Kamu beribadah kepada Alloh dan
tidak menyekutukan-Nya dengan sesuatu apapun, kamu menegakan sholat, dan
menunaikan zakat serta menyambung hubungan kekeluargaan". Diriwayatkan
oleh Al-Bukhoriy di dalam "Shohih"nya (no. 5983) dan Muslim di
dalam "Shohih"nya (no. 13) dari hadits Abu Ayyub Al-Anshoriy.
Mencari
Bibinya:
Ketika
beliau Rohimahulloh mendengar bahwa bibinya di Flores tinggal bersama
anak cucunya di sana, beliaupun mencari jejaknya, ketika beliau sudah
mendapatkan alamatnya beliau ke sana, Alhamdulillah beliau menjumpai mereka, dan
beliau bergembira ketika mengetahui kalau bibinya dan anak bibinya sudah haji
ke Makkah.
Keterangan:
Ketika
beliau sudah balik ke Maluku, setelah ziarohnya ke Flores, beliau bergegas
mengabarkan kepada kami bahwa beliau sudah berjumpa dengan bibi kami, beliau Rohimahulloh
sangat bergembira dengan hal itu.
Demikianlah
keadaan beliau sangat senang bila mengamalkan ilmunya, tidaklah beliau bersusah
payah mencari bibinya melainkan untuk mengamalkan hadits yang beliau ketahui
tentang keutamaan menyambung hubungan kekeluargaan, karena sudah merupakan ciri
dan sifat beliau adalah bila beliau mengetahui suatu ilmu dari sunnah-sunnah
Nabi Shollallohu 'Alaihi wa Sallam maka beliau langsung mengamalkannya.
Awal
Mula Da'wah Beliau:
Beliau
Rohimahulloh adalah orang yang pertama mengenal, mengikuti dan
menda'wahkan da'wah Ahlissunnah wal Jama'ah di Limboro.
Ketika
beliau sudah mengenal da'wah Ahlissunnah beliau bergegas mengamalkan dan
menda'wahkannya, tidaklah ada suatu perkara dari sunnah-sunnah Nabi Shollallohu
'Alaihi wa Sallam melainkan beliau langsung mengamalkan dan
menda'wahkannya.
Keterangan:
Ketika
beliau Rohimahulloh sudah selesai kuliah di STAIN Ambon beliau pulang
kampung, dan beliau mendapati kami mendidik anak-anak kaum muslimin sekitar 60
(enam puluh) orang di rumah orang tua kami, maka beliau melakukan pendekatan
dengan kami, beliau memperkenalkan kami dengan sebuah buku terjemahan yang
berjudul "Perisai Seorang Muslim" yang dia adalah terjemahan
dari kitab "Hishnul Muslim".
Dalam
menda'wahi kami beliau sangat bersabar dan pelan-pelan dengan penuh kelemah
lembutan, buku tersebut kemudian kami hafal dan kami menyuruh anak-anak yang
belajar kepada kami untuk menghafalnya dan mengamalkannya dan meninggalkan buku
yang berjudul "Kunci Ibadah", Alhamdulillah niat dan tujuan
beliau dalam memperkenalkan kami dengan dzikir-dzikir dan doa-doa dari
Rosululloh Shollallohu 'Alaihi wa Sallam berhasil.
Ketika
kami berangkat ke Surabaya untuk melanjutkan studi (kuliah) di sana, beliau
selalu menghubungi kami dan mendorong kami untuk selalu menghadiri pengajian
yang diisi oleh para ustadz keluaran dari Dammaj, kamipun mengikuti nasehat dan
dorongannya, dengan sebab beliau itulah kemudian kami duduk di majelis ta'lim
yang mengajarkan kitab-kitab berbahasa Arob.
Ketika
beliau mendengar bahwa kami sudah rutin menghadiri pengajian umum di
masjid-masjid, maka beliau sangat bergembira akan hal itu, kemudian beliau
menghubungi kami untuk mencoba sewaktu-waktu untuk datang ke pondok pesantren
mengikuti pengajian khusus pelajaran bahasa Arob seperti ilmu Nahwu dan Shorf,
kamipun mengikuti pengarahan beliau.
Setelah
kami menyelesaikan studi maka beliau menyuruh kami untuk tidak pulang dulu ke
Maluku akan tetapi kami perlu coba untuk menjadi santri di pondok pesantren,
Alhamdulillah ketika kami mencoba menjadi santri disaat itulah Alloh memberi
hidayah kepada kami hingga kecintaan terhadap ilmu agama tertancap di dalam
hati kami, -semoga Alloh Ta'ala membalas beliau dengan balasan kebaikan yang
berlipat ganda, yang mana beliau telah bersusah payah dan berusaha sekuat
tenaganya untuk bisa mengarahkan kami sehingga kami menjadi seorang Ahlussunnah
dan penuntut ilmu sejati-, Alhamdulillah satu harapan beliau Rohimahulloh
telah Alloh Ta'ala wujudkan:
{وَمَا بِكُمْ مِنْ نِعْمَةٍ فَمِنَ اللَّهِ}
[النحل: 53].
"Dan
apa saja pada kalian dari suatu ni'mat maka itu (datangnya) dari Alloh". (An-Nahl: 53). Dan
semoga harapan-harapan yang lainnya segera terwujudkan pula:
{اللَّهُمَّ مَالِكَ الْمُلْكِ تُؤْتِي
الْمُلْكَ مَنْ تَشَاءُ وَتَنْزِعُ الْمُلْكَ مِمَّنْ تَشَاءُ وَتُعِزُّ مَنْ
تَشَاءُ وَتُذِلُّ مَنْ تَشَاءُ بِيَدِكَ الْخَيْرُ إِنَّكَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ
قَدِيرٌ} [آل عمران: 26].
"Wahai Robb yang memiliki kerajaan, Engkau berikan kerajaan
kepada orang yang Engkau kehendaki dan Engkau cabut kerajaan dari orang yang
Engkau kehendaki. Engkau muliakan orang yang Engkau kehendaki dan Engkau
hinakan orang yang Engkau kehendaki, di tangan-Mulah segala kebaikan.
Sesungguhnya Engkau atas segala sesuatu adalah Al-Qodir (Maha Kuasa)".
(Ali Imron: 26).
Dengan
sebab keberadaannya beliau yang senantiasa bersabar, Alhamdulillah banyak umat
manusia, terkhusus di Limboro bisa mengenal da'wah Ahlissunnah wal Jama'ah dari
beliau Rohimahulloh, -semoga semua itu menjadi catatan dan simpanan
kebaikan baginya-, Rosululloh Shollallohu 'Alaihi wa Sallam berkata:
«مَنْ سَنَّ فِي الْإِسْلَامِ سُنَّةً
حَسَنَةً، فَعُمِلَ بِهَا بَعْدَهُ، كُتِبَ لَهُ مِثْلُ أَجْرِ مَنْ عَمِلَ بِهَا،
وَلَا يَنْقُصُ مِنْ أُجُورِهِمْ شَيْءٌ».
"Barangsiapa
(menghidupkan) sunnah di dalam Islam dengan sunnah yang baik, lalu diamalkan
sunnah tersebut setelahnya, maka dicatat baginya semisal pahala orang
mengamalkannya, dan tidaklah terkurangi dari pahala mereka sedikitpun". Diriwayatkan oleh
Muslim di dalam "Shohih"nya (no. 1017).
Wafatnya
Beliau:
Beliau
Rohimahulloh meninggal dunia di Rumah Sakit Tentara Ambon dan dimakamkan
di Limboro.
Beliau
Rohimahulloh adalah orang yang pertama di Limboro meninggal dunia dengan
pengurusan jenazahnya sesuai dengan tuntutan Islam yang benar, jenazah beliau
diurus oleh adik kandungnya yaitu Abul Husain Umair bin Salim Al-Limboriy
selaku ustadz di Limboro yang mengantikan posisi beliau berda'wah di jalan
Alloh.
Keterangan:
Beliau
Rohimahulloh meninggal dunia dengan meninggalkan dua orang anak, -semoga
Alloh menjaga keduanya, menjaga keluarganya dan saudara-saudarinya serta
menjaga orang-orang yang beriman-.
{رَبَّنَا اغْفِرْ لَنَا وَلِإِخْوَانِنَا
الَّذِينَ سَبَقُونَا بِالْإِيمَانِ وَلَا تَجْعَلْ فِي قُلُوبِنَا غِلًّا
لِلَّذِينَ آمَنُوا رَبَّنَا إِنَّكَ رَءُوفٌ رَحِيمٌ} [الحشر: 10].
"Ya Robb kami, ampunilah kami dan saudara-saudara kami yang
telah mendahului kami dalam keimanan, dan janganlah Engkau menjadikan
kedengkian di dalam hati kami kepada orang-orang yang beriman; Ya Robb kami,
sesungguhnya Engkau adalah Ar-Ro'uf (Maha Penyantun) lagi Ar-Rohim (Maha
Penyayang)".
(Al-Hasyr: 10).
Diberi
keterangan oleh:
Abu
Ahmad Muhammad bin Salim Al-Limboriy
'Afallohu
'Anhu
Pada
hari Kamis 12 Dzul Hijjah 1434
Di
Darul Hadits Dammaj-Yaman.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar