KAMI TIDAK
MENGETAHUI ADA ORANG YANG SEHAT AKALNYA MENGHAROMKAN KURSI
السلام عليكم ورحمة الله وبركاته
يا أبا
أحمد سددك الله!
Ada pertanyaan hukum
memiliki kursi untuk ruangan, kareda ada seseorang yang melarangnya sampai
ketingkatan berdosa kalau kita membelinya, dikarenakan katanya Rosululloh duduk
di bawah, dan apakah ini termasuk perkara agama atau perkara dunia.
جزاكم الله خيراً
الله يبارك فيكَ.
Abu Ahmad
Muhammad Al-Limbory berkata:
وعليكم
السلام ورحمة الله وبركاته
بِسم
الله الرَّحمنِ الرَّحِيم
الحَمْدُ
لله، أَحْمَدُه، وأستعينُه، وأستغفرُهُ، وأَشْهَدُ أنْ لا إلَهَ إلا اللهُ وَحْدَهُ
لا شَرِيكَ لَهُ، وأشهدُ أنَّ مُحَمَّدًا عبْدُه ورَسُولُه.
أمّا بعدُ:
Hukum asal atas segala
sesuatu yang ada di muka bumi ini adalah halal dan boleh, kecuali ada dalil yang
mengharomkannya, adapun permasalah seperti kursi atau yang semisalnya maka
telah jelas kebolehannya untuk memanfaatkannya, menjualnya, atau duduk di
atasnya.
Dan kami tidak mengetahui
ada orang yang sehat akalnya mengharomkannya, dan bahkan di zaman para shohabat
mereka telah menggunakan kursi, Al-Imam Al-Bukhory semoga Alloh merahmatinya
telah meriwayatkan sebuah hadits dari Sufyan, dari Washil, dari Abu Wa'il,
beliau berkata:
جَلَسْتُ مَعَ
شَيْبَةَ عَلَى الكُرْسِيِّ فِي الكَعْبَةِ، فَقَالَ: لَقَدْ جَلَسَ هَذَا
المَجْلِسَ عُمَرُ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ
"Aku
duduk bersama Syaibah di atas kursi di Ka'bah, maka beliau berkata:
"Sungguh telah duduk di tempat duduk ini Umar semoga Alloh meridhoinya".
Dan kami perjelas lagi:
اعلم أن الأصل في مثل هذا
الإباحة إلا ما حرمه الشرع المطهر
"Ketahuilah bahwasanya asal yang semisal ini adalah boleh,
kecuali apa-apa yang telah diharomkan oleh syari'at yang suci".
Tidak ada komentar:
Posting Komentar