Al Imam Ibnul Qoyyim berkata: “Maka sesungguhnya hamba itu jika memurnikan niatnya untuk Alloh ta’ala, dan maksud dia, keinginan dia dan amalan dia itu adalah untuk wajah Alloh Yang Mahasuci, maka Alloh itu bersama dia, karena sesungguhnya Yang Mahasuci itu beserta orang-orang yang bertaqwa dan orang-orang yang berbuat kebaikan. Dan kepala taqwa dan kebaikan adalah murninya niat untuk Alloh dalam penegakan kebenaran. Dan Alloh Yang Mahasuci itu tiada yang bisa mengalahkan-Nya. Maka barangsiapa Allo bersamanya, maka siapakah yang bisa mengalahkannya atau menimpakan kejelekan padanya? Jika Alloh bersama sang hamba, maka kepada siapakah dia takut? Jika Alloh tidak bersamanya, maka siapakah yang diharapkannya? Dan kepada siapa dia percaya? Dan siapakah yang menolongnya setelah Alloh meninggalkannya? Maka jika sang hamba menegakkan kebenaran terhadap orang lain, dan terhadap dirinya sendiri lebih dulu, dan dia menegakkannya itu adalah dengan menyandarkan pertolongan pada Alloh dan karena Alloh, maka tiada sesuatupun yang bisa menghadapinya. Seandainya langit dan bumi serta gunung-gunung itu membikin tipu daya untuknya, pastilah Alloh akan mencukupi kebutuhannya dan menjadikan untuknya jalan keluar dari masalahnya.” (“I’lamul Muwaqqi’in”/ hal. 412/cet. Darul Kitabil ‘Arobiy).

BELAJAR KEPADA GURU YANG JAHAT


BELAJAR KEPADA GURU YANG JAHAT

Pertanyaan:
بِسم الله الرَّحمنِ الرَّحِيم
Ustadz saya sekarang sekolah di Limboro (kampung halaman ustadz) dan saya terkadang sangat sedih melihat seorang guru yang namanya Jais (sekarang dia jadi kepala sekolah di Madrasah Aliyah Limboro), dia sangat jahat, kalau memukul murid sampai berlebihan, terkadang muridnya sampai bengkak, dan terkadang terjatuh, apa yang perlu ustadz nasehatkan kepada kami?  

Muhammad Salim Limboro berkata:
بِسم الله الرَّحمنِ الرَّحِيم
الحَمْدُ لله، أَحْمَدُه، وأستعينُه، وأستغفرُهُ، وأَشْهَدُ أنْ لا إلَهَ إلا اللهُ وَحْدَهُ لا شَرِيكَ لَهُ، وأشهدُ أنَّ مُحَمَّدًا عبْدُه ورَسُولُه.
أمّا بعدُ:
Yang perlu kami nasehatkan untuk kalian adalah mempelajari dan mendalami ilmu agama dari ahlinya, karena dengan sebab itu kalian akan memperoleh kebaikan di dunia dan di akhirat, Rosululloh (صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ) berkata:
«مَنْ يُرِدِ اللهُ بِهِ خَيْرًا يُفَقِّهُّ فِي الدِّينِ».
"Barang siapa yang Alloh menginginkan kebaikan baginya maka dia akan dipahamkannya tentang agama".
Kalau seseorang memahami ilmu agama maka dia akan berhati-hati dari berbuat dan berkata, dengan ilmu yang dia ketahui membuatnya untuk tidak berbuat jahat, tidak berbuat zholim dan tidak menyiksa orang, adapun orang yang kamu sebut maka dia bodoh tentang agama, walaupun di sekolah dia mengajar bidang studi Al-Qur'an dan Al-Hadits atau bidang studi yang berkaiatan dengan Islam namun hakekatnya dia adalah bodoh, dia menyiksa dan mengazab orang seperti itu menunjukan kalau dia sangat jauh dari Al-Qur'an dan As-Sunnah, Rosululloh (صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ) berkata:
«مَنْ عَذَّبَ النَّاسَ فِي الدُّنْيَا، عَذَّبَهُ اللَّهُ تَبَارَكَ وَتَعَالَى» 
"Barang siapa yang mengazab manusia di dunia maka Alloh (تَبَارَكَ وَتَعَالَى) akan mengazabnya". Diriwayatkan oleh Ahmad dari hadits Hisyam bin Hakim, dan Ibnu Hibban meriwayatkan dengan lafadz:
«إِنَّ اللَّهَ يُعَذِّبُ الَّذِينَ يُعَذِّبُونَ النَّاسَ فِي الدُّنْيَا»
"Sesunggunya Alloh akan mengazab orang-orang yang mereka mengazab manusia ketika di dunia".
Sudah banyak dari warga Limboro menyampaikan kepada kami bahwa seorang guru tersebut memang jahat dan keterlaluan, dahulu ketika di SLTP Muhammadiyyah Temi dia juga melakukan pemukulan terhadap seorang dari warga dusun Batu Lubang, dipukul setelah itu diangkatkan kursi kemudian dilemparkan kursi tersebut di atas kepalanya.
Disampaikan pula kepada kami bahwa guru tersebut punya murid yang pandai membaca puisi, lalu guru tersebut menyuruhnya untuk membaca puisi, namun murid tersebut malu dan dia tidak mau maju ke depan untuk membaca puisi, sebanyak tiga kali guru tersebut perintahkan namun dia tetap tidak mau maju, maka guru tersebut langsung memegang rambutnya lalu dipukul mukanya dengan pukulan berulang-ulang sampai bengkak-bengkak.
Demi Alloh ini sangat jelas sebagai suatu kejahatan dan kekerasaan, maka kami sampaikan kepada pemerintah Indonesia terkhusus mereka yang bertanggung jawab terhadap pendidikan dan hak asasi manusia untuk menindaklanjutinya dan kami menghimbau mereka untuk memperhatikan pendidikan anak-anak kaum muslimin, dan kami nasehatkan kepada anak-anak kaum muslimin supaya mereka memilih guru yang sholih yang mencintai kebaikan, Al-Imam Muhammad bin Sirin semoga Alloh merahmatinya berkata:
"إِنَّ هَذَا الْعِلْمَ دِينٌ، فَانْظُرُوا عَمَّنْ تَأْخُذُونَ دِينَكُمْ".
"Sesungguhnya ilmu itu adalah agama, maka lihatlah oleh kalian kepada siapa kalian menggambil agama kalian". Diriwayatkan oleh Al-Imam Muslim di dalam "Muqoddimah Shohih"nya.
Kami berdoa kepada Alloh untuk memberikan hidayah kepada kaum muslimin dan menjaga mereka dari kejahatan para penjahat.
وصَلَّى اللَّهُ على مُحَمَّد وَآلِهِ وَصَحْبِه وَسَلِّم.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar