Al Imam Ibnul Qoyyim berkata: “Maka sesungguhnya hamba itu jika memurnikan niatnya untuk Alloh ta’ala, dan maksud dia, keinginan dia dan amalan dia itu adalah untuk wajah Alloh Yang Mahasuci, maka Alloh itu bersama dia, karena sesungguhnya Yang Mahasuci itu beserta orang-orang yang bertaqwa dan orang-orang yang berbuat kebaikan. Dan kepala taqwa dan kebaikan adalah murninya niat untuk Alloh dalam penegakan kebenaran. Dan Alloh Yang Mahasuci itu tiada yang bisa mengalahkan-Nya. Maka barangsiapa Allo bersamanya, maka siapakah yang bisa mengalahkannya atau menimpakan kejelekan padanya? Jika Alloh bersama sang hamba, maka kepada siapakah dia takut? Jika Alloh tidak bersamanya, maka siapakah yang diharapkannya? Dan kepada siapa dia percaya? Dan siapakah yang menolongnya setelah Alloh meninggalkannya? Maka jika sang hamba menegakkan kebenaran terhadap orang lain, dan terhadap dirinya sendiri lebih dulu, dan dia menegakkannya itu adalah dengan menyandarkan pertolongan pada Alloh dan karena Alloh, maka tiada sesuatupun yang bisa menghadapinya. Seandainya langit dan bumi serta gunung-gunung itu membikin tipu daya untuknya, pastilah Alloh akan mencukupi kebutuhannya dan menjadikan untuknya jalan keluar dari masalahnya.” (“I’lamul Muwaqqi’in”/ hal. 412/cet. Darul Kitabil ‘Arobiy).

APAKAH KHITAN WAJIB BAGI WANITA ?


 APAKAH KHITAN WAJIB BAGI WANITA ?

                                                

قال السائل: بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ، يا أبا أحمد زادكم الله علماً ورفع قدركم في الدنيا والآخرة! هل الختان واجب على الأنثى؟
Berkata orang yang bertanya: “Dengan nama Alloh yang Ar-Rohman (Maha Pengasih) lagi Ar-Rohim (Maha Penyayang)”. Wahai Abu Ahmad –semoga Alloh menambahkan kepadamu ilmu dan mengangkat derajatmu di dunia dan di akhirat! Apakah khitan wajib atas wanita?

قال أبو أحمد محمد بن سليم الأندونيسي – وفقه اللَّهُ -:
Berkata Abu Ahmad Muhammad bin Salim Al-Andunisy –semoga Alloh memberikan kefaqihan kepadanya-:
بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ
“Dengan nama Alloh yang Ar-Rohman (Maha Pengasih) lagi Ar-Rohim (Maha Penyayang)”.
الحمد لله رب العالمين، أما بعد:
Segala puji bagi Alloh Robb semesta alam, kemudian setelah itu:
الختان واجب على الأنثى، قال الإمام ابن القيم –رحمه الله- في “تحفة المودود بأحكام المولود“: عن الزهري قال: قال رسول الله –صلى الله عليه وسلم-: «من أسلم فليختتن وإن كان كبيرا»، وهذا وإن كان مرسلاً فهو يصلح للاعتضاد. اهـ.
Khitan adalah suatu wajib bagi wanita, Al-Imam Ibnul Qoyyim –semoga Alloh merahmatinya berkata- di dalam “Tuhfatul Maudud Biahkamil Maulud“: Dari Az-Zuhry beliau berkata: Rosululloh ­–صلى الله عليه وسلم- berkata: “Barang siapa yang berislam maka hendaklah dia berkhitan walaupun dia sudah dalam keadaan besar”. Dan (hadits) ini walaupun mursal (tidak disebutkan shahabatnya) akan tetapi layak untuk dijadikan sandaran.
وعَنِ ابْنِ شِهَابٍ –رحمه الله- قَالَ: وَكَانَ الرَّجُلُ إِذَا أَسْلَمَ أُمِرَ بِالِاخْتِتَانِ وَإِنْ كَانَ كَبِيرًا. (المقطوع صحيح، رواه الإمام البخاري في “الأدب المفرد“).
Dan dari Ibnu Syihab –semoga Alloh merahmatinya- beliau berkata: “Dahulu seseorang jika memeluk agama Islam maka diperintahkan untuk berkhitan walaupun dia memeluk Islam dalam keadaan umurnya sudah besar (tua)”. (Perkataan Ibnu Syihab ini adalah shohih, Al-Imam Al-Bukhory telah meriwayatkannya di dalam “Al-Adabul Mufrod“). 
وأما قوله: «من أسلم» فهو بلفظ عام، فيشمل ذلك الرجال والنساء، كما في قول الله –سبحانه وتعالى-: {ثُمَّ أَوْحَيْنَا إِلَيْكَ أَنِ اتَّبِعْ مِلَّةَ إِبْرَاهِيمَ حَنِيفًا} [النحل/123]، والختان من ملة إبراهيم –عليه السلام – فيكون داخلاً في عموم المأمور باتباعه.
Dan adapun perkataannya: “Siapa yang memeluk agama Islam” maka dia adalah lafadz yang umum, mencakup para laki-laki dan para wanita, sebagaimana pada perkataan Alloh –سبحانه وتعالى-: “Kemudian Kami wahyukan kepadamu untuk mengikuti agama Ibrohim yang lurus”. (An-Nahl: 123). Khitan termasuk dari millah (sunnah) Ibrohim –عليه السلام –  maka keberadaannya masuk pada keumuman perintah untuk mengikutinya.
ويدل على ذلك ما ورد عَنِ ابْنِ عَبَّاسٍ فِى قَوْلِهِ -عَزَّ وَجَلَّ-: {وَإِذِ ابْتَلَى إِبْرَاهِيمَ رَبُّهُ بِكَلِمَاتٍ} قَالَ: ابْتَلاَهُ اللَّهُ -عَزَّ وَجَلَّ– فذكر منها: ((الْخِتَانُ)). (رواه الحاكم والبيهقي في “الكبرى“). وفي “مصنف ابن أبي شيبة” عَنِ الشَّعْبِيِّ: {وَإِذَ ابْتَلَى إبْرَاهِيمَ رَبُّهُ بِكَلِمَاتٍ} قَالَ: مِنْهُنَّ الْخِتَانُ.
Dan yang menunjukan atas yang demikian itu adalah apa-apa yang telah ada dalam riwayat Ibnu ‘Abbas pada perkataan -عَزَّ وَجَلَّ-: “Dan ketika Ibrohim diuji oleh Robbnya dengan kalimat-kaliam”. Beliau berkata: “(Yaitu) Alloh -عَزَّ وَجَلَّ– mengujinya”, disebutkan diantaranya: “Berkhitan”. (Diriwayatkan oleh Al-Hakim dan Al-Baihaqy di dalam “Al-Kubro” dan di dalam “Mushonnaf Ibni Abi Syaibah” dari Asy-Sya’by: “Dan ketika Ibrohim diberi ujian oleh Robbnya dengan kalimat-kalimat“, beliau berkata: “Diantaranya kalimat-kalimat tersebut adalah khitan”.
والبتلاء إنما يقع غالباً بما هو واجب، والدليل قول الله -عَزَّ وَجَلَّ– : {فَلْيَحْذَرِ الَّذِينَ يُخَالِفُونَ عَنْ أَمْرِهِ أَنْ تُصِيبَهُمْ فِتْنَةٌ أَوْ يُصِيبَهُمْ عَذَابٌ أَلِيمٌ} [النور/63].
Dan bala’ (ujian) sesungguhnya terjadi kebanyakannya terhadap apa-apa yang dia itu adalah wajib, dan dalilnya adalah perkataan Alloh -عَزَّ وَجَلَّ–:“Maka hendaklah bagi orang-orang yang menyelisihi dari perkaranya takut akan ditimpa fitnah (ujian) atau ditimpa azab yang pedih”. (An-Nur: 63).
وأما قوله: «فليختتن» فهو أمر، والأمر يفيد الوجوب، والدليل قول النبي -صلى الله عليه وسلم-: «لَوْلاَ أَنْ أَشُقَّ عَلَى أُمَّتِي لأَمَرْتُهُمْ بِالسِّوَاكِ عِنْدَ كُلِّ صَلاَةٍ». (رواه البخاري ومسلم عن أبي هريرة).
Dan adapun perkataannya: “Maka hendaknya berkhitan” maka dia adalah perintah, dan perintah adalah memberikan faedah wajib, dan dalilnya adalah perkataan Nabi -صلى الله عليه وسلم-: “Kalaulah tidak memberatkan atas umatku maka sungguh aku akan perintahkan mereka untuk bersiwak setiap hendak sholat”. (Diriwayatkan oleh Al-Imam Al-Bukhory dan Muslim dari Abu Huroiroh).
وفي حديث عُثَيْمِ بْنِ كُلَيْبٍ عَنْ أَبِيهِ عَنْ جَدِّهِ أَنَّهُ جَاءَ إِلَى النَّبِىِّ -صلى الله عليه وسلم- فَقَالَ: قَدْ أَسْلَمْتُ. فَقَالَ لَهُ النَّبِىُّ -صلى الله عليه وسلم-: «أَلْقِ عَنْكَ شَعْرَ الْكُفْرِ». يَقُولُ: احْلِقْ. قَالَ وَأَخْبَرَنِى آخَرُ أَنَّ النَّبِىَّ -صلى الله عليه وسلم- قَالَ لآخَرَ مَعَهُ: «أَلْقِ عَنْكَ شَعْرَ الْكُفْرِ وَاخْتَتِنْ». (رواه الإمام أحمد و أبو داود والبيهقي).
Dan dari hadits ‘Utsaim bin Kulaib dari bapaknya dari kakeknya bahwasanya beliau datang kepada Nabi -صلى الله عليه وسلم- lalu berkata: “Aku telah memeluk agama Islam”, maka Nabi -صلى الله عليه وسلم- berkata: “Hilangkan darimu rambut kekufuran“, beliau berkata: “Cukurlah”, beliau berkata: “Mengabarkan kepadaku orang lain bahwasanya Nabi -صلى الله عليه وسلم- berkata kepada orang lain yang bersamanya: “Hilangkan darimu rambut kekufuran dan berkhitanlah”.   
والله أعلم وأحكم.
(Diterjemahkan dari kitab “I’anatus Sail Li Abi Ahmad Muhammad bin Salim Al-Limbory” Edisi ke 2, penerbit Darul Falah dan Darul KunuzDammaj).

هل الختان واجب على الأنثى؟

قال السائل: بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ، يا أبا أحمد زادكم الله علماً ورفع قدركم في الدنيا والآخرة! هل الختان واجب على الأنثى؟

قال أبو أحمد محمد بن سليم الأندونيسي – وفقه اللَّهُ -:
بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ
الحمد لله رب العالمين، أما بعد:
الختان واجب على الأنثى، قال الإمام ابن القيم –رحمه الله- في “تحفة المودود بأحكام المولود“: عن الزهري قال: قال رسول الله –صلى الله عليه وسلم-: «من أسلم فليختتن وإن كان كبيرا»، وهذا وإن كان مرسلاً فهو يصلح للاعتضاد. اهـ.
وعَنِ ابْنِ شِهَابٍ –رحمه الله- قَالَ: وَكَانَ الرَّجُلُ إِذَا أَسْلَمَ أُمِرَ بِالِاخْتِتَانِ وَإِنْ كَانَ كَبِيرًا. (المقطوع صحيح، رواه الإمام البخاري في “الأدب المفرد“).
وأما قوله: «من أسلم» فهو بلفظ عام، فيشمل ذلك الرجال والنساء، كما في قول الله –سبحانه وتعالى-: {ثُمَّ أَوْحَيْنَا إِلَيْكَ أَنِ اتَّبِعْ مِلَّةَ إِبْرَاهِيمَ حَنِيفًا} [النحل/123]، والختان من ملة إبراهيم –عليه السلام – فيكون داخلاً في عموم المأمور باتباعه، ويدل على ذلك ما ورد عَنِ ابْنِ عَبَّاسٍ فِى قَوْلِهِ -عَزَّ وَجَلَّ-: {وَإِذِ ابْتَلَى إِبْرَاهِيمَ رَبُّهُ بِكَلِمَاتٍ} قَالَ: ابْتَلاَهُ اللَّهُ -عَزَّ وَجَلَّ– فذكر منها: ((الْخِتَانُ)). (رواه الحاكم والبيهقي في “الكبرى“). وفي “مصنف ابن أبي شيبة” عَنِ الشَّعْبِيِّ: {وَإِذَ ابْتَلَى إبْرَاهِيمَ رَبُّهُ بِكَلِمَاتٍ} قَالَ: مِنْهُنَّ الْخِتَانُ.
والبتلاء إنما يقع غالباً بما هو واجب، والدليل قول الله -عَزَّ وَجَلَّ– : {فَلْيَحْذَرِ الَّذِينَ يُخَالِفُونَ عَنْ أَمْرِهِ أَنْ تُصِيبَهُمْ فِتْنَةٌ أَوْ يُصِيبَهُمْ عَذَابٌ أَلِيمٌ} [النور/63].
وأما قوله: «فليختتن» فهو أمر، والأمر يفيد الوجوب، والدليل قول النبي -صلى الله عليه وسلم-: «لَوْلاَ أَنْ أَشُقَّ عَلَى أُمَّتِي لأَمَرْتُهُمْ بِالسِّوَاكِ عِنْدَ كُلِّ صَلاَةٍ». (رواه البخاري ومسلم عن أبي هريرة).
وفي حديث عُثَيْمِ بْنِ كُلَيْبٍ عَنْ أَبِيهِ عَنْ جَدِّهِ أَنَّهُ جَاءَ إِلَى النَّبِىِّ -صلى الله عليه وسلم- فَقَالَ: قَدْ أَسْلَمْتُ. فَقَالَ لَهُ النَّبِىُّ -صلى الله عليه وسلم-: «أَلْقِ عَنْكَ شَعْرَ الْكُفْرِ». يَقُولُ: احْلِقْ. قَالَ وَأَخْبَرَنِى آخَرُ أَنَّ النَّبِىَّ -صلى الله عليه وسلم- قَالَ لآخَرَ مَعَهُ: «أَلْقِ عَنْكَ شَعْرَ الْكُفْرِ وَاخْتَتِنْ». (رواه الإمام أحمد و أبو داود والبيهقي).
والله أعلم وأحكم.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar