حكم
أكل ميتة السمك
الذي
في بطن الديك
HUKUM MEMAKAN BANGKAI IKAN
YANG DIA BERADA DI DALAM
PERUT AYAM JANTAN
سائلٌ
يقولُ:
بسم
الله...، أريد أن أذبح الديك، فلما ذبحتُه وقطعتُه فوجدتُ في بطنه ميتة السمك
الصغير، ما حكم هذا السمك الصغير؟ هل يجوز أكله؟
Orang yang bertanya berkata:
Dengan nama Alloh…, aku ingin
menyembelih ayam jantan, tatkala saya sudah menyembelihnya dan memotongnya maka
saya mendapati di dalam perutnya ada bangkai ikan kecil, apa hukum ikan kecil tersebut?
Apakah boleh memakannya?
قال أبو أحمد محمد بن سليم الأندونيسي عفا الله عنه:
Abu Ahmad Muhammad
bin Salim Al-Andunisy semoga Alloh memaafkannya berkata:
بسم
الله الرحمن الرحيم
الحمد
لله، والصلاة والسلام على رسول الله، أما بعد:
Dengan nama Alloh
yang (الرحمن) Maha Penyayang lagi (الرحيم) Maha Pengasih
Segala puji bagi Alloh, sholawat
dan salam untuk Rosululloh, kemudian sesudah itu:
السمك
الصغير الذي ذكرتَ ليس بنجسٍ، لأنه من ميتات البحر، ويجوز أكله، وقد قال رسول الله
صلى الله عليه وسلم: (البحر الطهور ماؤه الحل ميتته).
Ikan kecil yang kamu sebutkan
tidaklah najis, karena sesungguhnya dia termasuk dari bangkai-bangkai laut, dan
boleh memakannya, dan sungguh Rosululloh (صلى
الله عليه وسلم)
telah berkata: "Laut adalah suci airnya, dan halal bangkainya".
الحديث صحيح، أخرجه الجماعة منهم
الإمام أحمد، والشافعي، ومالك، وابن ماجه، والنسائي، وأبو داود، والترمذي من عدة
الصحابة منهم أبو هريرة، وأبو بكر الصديق، وعلي بن أبي طالب، وأنس بن مالك،
وجابر بن عبد الله رضي الله عنهم.
Hadits ini adalah
shohih,
diriwayatkan oleh sekelompok (ahli hadits) diantara mereka adalah Al-Imam
Ahmad, Asy-Syafi'y, Malik, Ibnu Majah, An-Nasa'y, Abu Dawud, dan At-Tirmidzy
dari sekelompok para shahabat, diantara mereka adalah Abu Huroiroh, Abu
Bakar Ash-Shiddiq, Ali bin Abi Tholib, Anas bin Malik dan Jabir bin Abdillah
semoga Alloh meridhoi mereka semuanya.
ولكن
إذا وجدتَه في بطن الديك الذي ذبحته وفيه اختلاط بين السمك والأقذار فلا بد أن
تغسله بماء طهور، ثم تمسه بالنار أو تطبخه. والله أعلم.
Akan tetapi, jika kamu
mendapatinya di dalam perut ayam jantan yang telah kamu sembelih dan ada
padanya campur baur antara ikan tersebut dengan kotoran-kotoran maka
mengharuskan bagimu untuk mencucinya dengan air bersih, kemudian kamu membakarnya
dengan api atau memasaknya.
والله
أعلم.
حكم أكل السمك من ماء البيارة
HUKUM
MEMAKAN IKAN
DARI AIR
TEMPAT PEMBUANGAN KOTORAN
سائلٌ
يقولُ:
بسم
الله...، ما حكم أكل السمك من ماء البيارة، كَسمك لِيْلِي، وَبِيْلُوْت،
وَمُوْرِيَا؟
Orang yang bertanya berkata:
Dengan nama Alloh…, Apa hukum
memakan ikan yang dia dari air tempat pembuangan kotoran, seperti ikan lele,
belut dan morea?
قال أبو أحمد محمد بن سليم الأندونيسي عفا الله عنه:
بسم
الله الرحمن الرحيم
الحمد
لله، والصلاة والسلام على رسول الله، أما بعد:
Dengan nama Alloh
yang (الرحمن) Maha Penyayang lagi (الرحيم) Maha Pengasih
Segala puji bagi Alloh, sholawat
dan salam untuk Rosululloh, kemudian sesudah itu:
لا
يؤكل إلا بعد نقله من ماء البيارة إلى ماء الطهور، حتى يعلم أنه قد طهر، لأن ماء
البيارة قد وقع عليه نجاسات آدميين، قَالَ رَسُولُ الله صلى الله عليه وسلم: "إِنَّ
اَلْمَاءَ لَا يُنَجِّسُهُ شَيْءٌ, إِلَّا مَا غَلَبَ عَلَى رِيحِهِ وَطَعْمِهِ, وَلَوْنِهِ".
أو قال: "الماءُ طَاهِرٌ إِلَّا إِنْ تَغَيَّرَ رِيحُهُ, أَوْ طَعْمُهُ, أَوْ
لَوْنُهُ; بِنَجَاسَةٍ تَحْدُثُ فِيهِ".
Tidak dimakan kecuali setelah
dipindahkan dari air tempat pembuangan kotoran tersebut ke air yang bersih,
sampai diketahui bahwasanya dia telah suci, karena sesungguhnya air tempat
pembuangan kotoran tersebut telah jatuh padanya najis-najis anak Adam (manusia),
Rosululloh (صلى الله عليه وسلم) berkata: "Sesungguhnya air tidak dinajisi sesuatu,
kecuali apa yang mengunggulinya terhadap baunya, rasanya dan warnanya", atau
beliau berkata: "air adalah suci, kecuali jika berubah baunya, atau
rasanya atau warnanya; dengan najis yang tercampur padanya".
الحديث
ضعيف، لكن أجمع أهل العلم على أنه لا فرق بين
تغير الماء بأحد هذه الأوصاف الثلاثة سواء من ريح أو طعم أو لون، وأن ذلك علامة على
نجاسة الماء إذا كان قد تغير بنجاسة.
Hadits ini adalah dhoif (lemah), akan tetapi orang-orang yang berilmu bersepakat
atas bahwasanya tidak ada perbedaan antara berubahnya air dengan salah satu
dari tiga sifat tersebut, sama saja baunya, rasanya atau warnanya, dan
bahwasanya itu adalah tanda tentang nasjisnya air tersebut, jika dia telah
berubah karena sebab najis.
والله
أعلم.
حكم أكل ميتة السمك
الذي في بطن الديك
سائلٌ
يقولُ:
بسم
الله...، أريد أن أذبح الديك، فلما ذبحتُه وقطعتُه فوجدتُ في بطنه ميتة السمك
الصغير، ما حكم هذا السمك الصغير؟ هل يجوز أكله؟
قال أبو أحمد محمد بن سليم الأندونيسي عفا الله عنه:
بسم
الله الرحمن الرحيم
الحمد
لله، والصلاة والسلام على رسول الله، أما بعد:
السمك
الصغير الذي ذكرتَ ليس بنجسٍ، لأنه من ميتات البحر، ويجوز أكله، وقد قال رسول الله
صلى الله عليه وسلم: (البحر الطهور ماؤه الحل ميتته).
الحديث
صحيح، أخرجه الجماعة منهم الإمام أحمد،
والشافعي، ومالك، وابن ماجه، والنسائي، وأبو داود، والترمذي من عدة الصحابة منهم أبو
هريرة، وأبو بكر الصديق، وعلي بن أبي طالب، وأنس بن مالك، وجابر بن عبد الله رضي
الله عنهم.
ولكن إذا وجدته في بطن الديك الذي ذبحته وفيه
اختلاط بين السمك والأقذار فلا بد أن تغسله بماء طهور، ثم تمسه بالنار أو تطبخه.
والله أعلم.
حكم أكل السمك من ماء البيارة
سائلٌ
يقولُ:
بسم
الله...، ما حكم أكل السمك من ماء البيارة، كَسمك لِيْلِي، وَبِيْلُوْت،
وَمُوْرِيَا؟
قال أبو أحمد محمد بن سليم الأندونيسي عفا الله عنه:
بسم
الله الرحمن الرحيم
الحمد
لله، والصلاة والسلام على رسول الله، أما بعد:
لا
يؤكل إلا بعد نقله من ماء البيارة إلى ماء الطهور حتى يعلم أنه قد طهر، لأن ماء
البيارة قد وقع عليه نجاسات آدميين، قَالَ رَسُولُ الله صلى الله عليه وسلم: "إِنَّ
اَلْمَاءَ لَا يُنَجِّسُهُ شَيْءٌ, إِلَّا مَا غَلَبَ عَلَى رِيحِهِ وَطَعْمِهِ, وَلَوْنِهِ".
أو قال: اَلْمَاءُ طَاهِرٌ إِلَّا إِنْ تَغَيَّرَ رِيحُهُ, أَوْ طَعْمُهُ, أَوْ لَوْنُهُ;
بِنَجَاسَةٍ تَحْدُثُ فِيهِ.
الحديث
ضعيف، ولكن أجمع أهل العلم على أنه لا فرق بين
تغير الماء بأحد هذه الأوصاف الثلاثة سواء من ريح أو طعم أو لون، وأن ذلك علامة على
نجاسة الماء إذا كان قد تغير بنجاسة.
والله
أعلم.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar